. Arus Bawah: Presiden Yudhoyono minta menteri agama mundur

Senin, 26 Mei 2014

Presiden Yudhoyono minta menteri agama mundur






Menteri agama Suryadharma Ali diminta mundur dari jabatannya.
Presiden Susilo Bambang Yudhoyono telah meminta Suryadharma Ali mengundurkan diri dari jabatan Menteri Agama secara resmi dalam dua hari ke depan.
Permintaan Presiden SBY ini menanggapi pernyataan lisan Suryadharma Ali yang menyatakan telah menyerahkan jabatannya kepadanya di Istana Bogor, Senin (26/05) siang.

"Meminta Pak Suryadharma Ali mengajukan pengunduran diri secara tertulis dalam waktu satu atau dua hari ini," kata Sudi, usai menemani Presiden Yudhoyono menerima Suryadharma Ali.Menteri Sekretaris Negara Sudi Silalahi mengutarakan hal itu kepada wartawan di Istana Bogor, Jawa Barat, Senin (26/05).
Menurut Sudi, Menteri Agama menghadap Presiden untuk Klikmelaporkan status dirinya sebagai tersangka dugaan kasus korupsi penyelenggaraan Ibadah Haji 2012-2013, selain kinerja kementeriannya.
Dalam keterangan terpisah, Suryadharma mengatakan, dia telah menyerahkan jabatan Menteri agama kepada Presiden Yudhoyono dalam pertemuan di Istana Bogor.
"Saya sudah serahkan jabatan Menteri agama ini kepada Presiden, namun bapak presiden meminta agar saya menyampaikan permohonan tertulis," kata Suryadharma kepada wartawan di Jakarta, tidak lama setelah meninggalkan Istana Bogor.
'Belum memahami'
KlikKomisi Pemberantasan Korupsisebelumnya teah menetapkan Suryadharma sebagai tersangka kasus dugaan korupsi penyelenggaraan haji tahun 2012-2013, Kamis (22/05) petang.
Suryadharma disangka menyalahgunakan wewenang sebagai Menteri agama dalam proses pengadaan pemondokan haji, katering, perjalanan ibadah haji, dan transportasi.
Terhadap status tersangka itu, Suryadharma mengatakan Klikbelum memahamibagian mana yang menyebabkan dia menjadi tersangka.
Dia sebelumnya juga menyatakan tidak ada keinginan untuk mengundurkan diri.


"Saya sudah serahkan jabatan Menteri agama ini kepada Presiden, namun bapak presiden meminta agar saya menyampaikan permohonan tertulis."

Suryadharma Ali, Menteri agama.
Pakar hukum tata negara dari Universitas Andalas Padang, Saldi Isra, menyayangkan sikap Suryadharma yang sejak awal tidak mau mengundurkan diri.
"Seperti itulah kecenderungan pejabat kita kalau dihadapkan kepada kasus hukum," kata Saldi Isra kepada wartawan BBC Indonesia, Heyder Affan, Senin (26/05) sore, melalui telepon.
Saldi Isra kemudian mencontohkan, pejabat setingkat menteri di Brasil yang mengundurkan diri dari jabatannya, setelah dia dituduh telribat dugaan korupsi proyek pembangunan stadion Piala Dunia 2014.
"Dia (pejabat di Brasil) pada akhirnya memilih jalan untuk mengundurkan diri, karena itu 'kan jalan terbaik agar jabatan pemerintah yang dia pegang tidak tercemar dari tuduhan yang dialamatkan kepadanya," jelas Saldi.
Mencontoh Andi Malarangeng
Seharusnya, lanjutnya, Suryadharma Ali dapat meniru langkah Andi Malarangeng yang mengundurkan diri tidak lama setelah KPK menetapkannya sebagai tersangka kasus dugaan korupsi proyek pembangunan sarana olah raga di Hambalang, Jawa Barat.


"Dia pada akhirnya memilih jalan untuk mengundurkan diri, karena itu 'kan jalan terbaik agar jabatan pemerintah yang dia pegang tidak tercemar dari tuduhan yang dialamatkan kepadanya."

Saldi Isra, pakar hukum tata negara.
"Saya termasuk orang yang mengatakan, agar Pak Suryadharma Ali bisa meniru langkah yang dipilih oleh Andi Malarangeng begitu ditetapkan tersangka oleh KPK," kata Aldi Isra.
Dalam tradisi politik di Indonesia, hampir tidak ada pejabat setingkat menteri yang mengundurkan diri karena terjerat kasus pidana, kecuali yang dilakukan Menteri pemuda dan olah raga Andi Malarangeng dua tahun lalu.
Andi mundur dari jabatannya tidak lama setelah KPK menetapkannya sebagai tersangka kasus dugaan korupsi pembangunan komplek sarana olah raga di Hambalang, Jawa Barat.
arusbawah.com adalah sarana komunikasi Rakyat untuk menyampaikan gagasan, fikiran, kritik, saran dan usul yang disampaikan secara terbuka sehingga langsung dapat mempengaruhi opini publik sekaligus dapat mempengaruhi para pengambil kebijakan. Kedaulatan ekonomi, politik dan kebudayaan adalah pilar yg utama guna membangun kemandirian bangsa Perubahan yang diharapkan adalah perubahan kearah yang lebih baik dan suatu perubahan bukan kita tunggu jatuh dari langit...Tapi harus digerakkan oleh tangan kita semua, karena nasib satu bangsa tidak akan pernah berobah, sebelum bangsa itu sendiri yg merobahnya...!!...Amin.. ARUS BAWAH.COM *LIHAT FAKTA BUKA WACANA*. DITERBITKAN OLEH :YAYASAN BAITUL MUAMALAH INDONESIA YBMI- Notaris H.SOEKRAWINATA.SH no 01 Tgl 03-02-1999 STTO SOSPOL. No 220/-16/BINUM/IV/1999 SKD-No 503/32-KEC/IV/1999-13 April 1999 STPS No 467/922/SPM-MJL SK PROP JABAR No.062/800/PRKS/2004 Anggota BKSLP5K No.087-11 Desmber 1999 TDP No. 10235606511 TDUP No. 00122/10-24/TDUP/V/1999 NPWP No. 1. 798. 717. 3. 426 BANK. BRI Abdul Patah Cikijing No.Rekening :1108-01-001830-50-8 a/n Tatang Sofyan Iskandar BANK BNI Cabang Pembantu Cikijing No.Rekening : 0201108064 a/n Tatang Sofyan Iskandar PENDIRI : TATANG SOFYAN ISKANDAR. PEMIMPIN PERUSAHAAN : AHMAD MUKHLIS. WAKIL PEMIMPIN PERUSAHAAN : ADITYA WARDHANI SOFIE PEMIMPIN UMUM/REDAKSI/PENJAB ; TATANG SOFYAN ISKANDAR WAKIL PEMIMPIN REDAKSI : TOTONG SUGIHARTO DEWAN REDAKSI : ANDRIE M AMk. DADAN. T. SUGIHARTO, A. BAHTIAR ADIWIJAYA TUBAGUS RIYADI HARYONO. KUSMAYADI BURHANUDIN.SH.KORDINATOR LIPUTAN NASIONAL : NANA HELIANA.TASIMPERMANA.YUDI NURYAMAN,ABDUL ROHMAN,SAFRUDIN, ERNA RATNA NINGSIH, EDI SUPRIYADI, IDUN HAMID,DANI HERMAWAN. KORDINATOR WILAYAH JAWA BARAT : DADAN,KORDINATOR LIPUTAN JAWA BARAT :WAWAN ASSESOSIAWAN ,KORDINATOR WILAYAH PRIANGAN TIMUR; AGUS HERMAWAN PUTRA BIRO CIREBON INDRAMAYU:NANASURYANA.BIROKUNINGAN :WAWAN GUNAWAN BIRO MAJALENGKA : DEDY HERNAWAN, ATOY , YAYAN MULYANA, KUSTOLANI BIRO CIAMIS:DEDI RUKHMAYADI ,HERYANTO, LEPI RAHMAT FAUZI, M.HASIM BIRO : TASIK,GARUT, SUMEDANG : TOTONG KORDINATOR WILAYAH JAWA TENGAH : NUR ASRIPUDIN KORDINATOR WILAYAH JAWA TIMUR : TUBAGUS RIYADI HARYONO. KORDINATOR WILAYAH BALI, NTB,NTT : I GUSTI PANJI MALELA KORDINATOR WILAYAH KALIMANTAN : NUR ISMAIL KORDINATOR WILAYAH SUMATERA : UJANG, KORNEL SIJABAT,JASPIS PANJAITAN. Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.untuk Reporter /wartawan media on line arusbawah.com dibekali dengan Tanda Pengenal dan surat tugas.
Bookmark and Share
SELAMAT DATANG DI MEDIA ONLINE ARUSBAWAH " LIHAT PAKTA BUKA WACANA TERIMA KASIH ANDA TELAH KUNJUNGI " KAMI KAMI SIAP MELAYANI ANDA " SEMOGA BERMANFAAT "
 

mol

Ekonomi

Serba-serbi

INTERNATIONAL

Politik

Berita Budaya

Hukum

METROPOLITAN

kosong

...

Budaya

HAM

hukum 2

PENDIDIKAN

kosong

.

Musik dan Olahraga

Sosial

POTO/VIDEO

SPORT

.

POLITIK

kosong

.

Serba-Serbi

Arus Bawah Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template Modifikasi: tatang sofyan iskandar: cfdarusbawah