. Arus Bawah: KISS NGABOGAAN TEKAD NANJERKEUN KASUNDAAN DINA AJEN RASA NU KARASA

Sabtu, 11 Januari 2014

KISS NGABOGAAN TEKAD NANJERKEUN KASUNDAAN DINA AJEN RASA NU KARASA



Komunitas Iket Sunda Majalengka dalam rangka mempererat tali silaturahmi mengadakan riungan ( Kumpul ) di Bumi Ageung Desa Ciranjeng Kecamatan Cingambul ( Rumah Kediaman Kolonel laut Nuryasa/yang akrab di panggil pa yasa ).Hadir diantaranya Padepokan Talaga Manggung,Komunitas budaya Sunda Sanggar Seni Gosali dari Kadipaten Majalengka yang di pimpin oleh Ambu Tini,serta komunitas Kasundaan,hadir pula Ketua Umum KIS Jawa Barat H.Heri.

Ajang silaturahmi ini bukan hanya untuk sekedar berkumpul tapi menggali kembali ( ngaguar ) budaya sunda,yang saat ini sudah hampir terlupakan oleh generasi masa kini dengan hadirnya budaya budaya asing.Budaya Sunda yang kaya dan penuh normatik santun dan ramah serta filosopi kehidupan perlu di lestarikan dan di mumule sebagai kearifan Lokal.Budaya Sunda yang punya jati diri sendiri oleh Komunitas Iket Sunda akan berusaha di lestarikan dan di kembangkan kembali melalui beragam kegiatan budaya Sunda.

Ketua Komunitas Iket Sunda Majalengka Letkol Nuryasa ( biasa di sapa pa Yasa ) di sela sela silaturahmi mengatakan Budaya Sunda yang sangat luhur dan punya nilai Norma kehidupan yang tinggi perlu untuk di jaga dan di lestarikan,Pa Yasa mengatakan salah satu warisan budaya sunda adalah iket,di sunda itu banyak ragam bentuk iket yang masing masing punya arti dan makna tersendiri,Iket yang merupakan kehormatan bagi pemakainya adalah simbol jati diri yang sarat dengan nilai Budaya.Menurut Pa Yasa dalam tali persaudaraan ini warga Sunda harus Silih Asah,Silih Asuh dina ajen rasa nu karasa,Dalam makna IKET menurutnya iket itu awalnya 4 Sudut yang di lipat jadi segitiga mengandung makna Akal,Pikir dan Rasa

Dikesempatan ini pula di peraktekan cara memasang iket,salah satunya cara memakai iket yang di sebut iket Rajagaluh atau Iket Cakraningrat,dan makna filosopi iket ini Menurut Agan dari Rajagaluh merupakan cikal bakal iket yang di pakai oleh para wali sanga dan sampai sekarang masih di gunakan oleh para Kiai walau motif dan warna sudah berubah jadi putih yang melambangkan kesucian.

Budayawan dan sejarahwan Rahmat Iskandar dalam kesepatan dialog membuka kembali budaya sunda dari sisi SYAHADAT SUNDA,Sahadat Sunda adalah suatu cara Bersaksi ( Nyaksi/sunda red),jadi dalam adat budaya sunda yang jauh sebelum Islam sudah ada suatau kebiasaan yang sesuai dengan ajaran Islam,maka tak heran ketika ajaran Islam masuk mudah di terima oleh warga Sunda.Rahmat Juga mengatakan Urang Sunda harus bangga kalau kita berkaca pada sejarah jaman kerajaan karena kerajaan Sunda satu satunya kerajaan yang ada di Nusantara yang tidak bisa di taklukan oleh Majapahit di bawah Raja Hayam Wuruk dengan patihnya Gajah Mada,mereka tidak bisa menaklukan kerajaan Sunda ( Galuh ).

Syamsul Bahri/Uus



arusbawah.com adalah sarana komunikasi Rakyat untuk menyampaikan gagasan, fikiran, kritik, saran dan usul yang disampaikan secara terbuka sehingga langsung dapat mempengaruhi opini publik sekaligus dapat mempengaruhi para pengambil kebijakan. Kedaulatan ekonomi, politik dan kebudayaan adalah pilar yg utama guna membangun kemandirian bangsa Perubahan yang diharapkan adalah perubahan kearah yang lebih baik dan suatu perubahan bukan kita tunggu jatuh dari langit...Tapi harus digerakkan oleh tangan kita semua, karena nasib satu bangsa tidak akan pernah berobah, sebelum bangsa itu sendiri yg merobahnya...!!...Amin.. ARUS BAWAH.COM *LIHAT FAKTA BUKA WACANA*. DITERBITKAN OLEH :YAYASAN BAITUL MUAMALAH INDONESIA YBMI- Notaris H.SOEKRAWINATA.SH no 01 Tgl 03-02-1999 STTO SOSPOL. No 220/-16/BINUM/IV/1999 SKD-No 503/32-KEC/IV/1999-13 April 1999 STPS No 467/922/SPM-MJL SK PROP JABAR No.062/800/PRKS/2004 Anggota BKSLP5K No.087-11 Desmber 1999 TDP No. 10235606511 TDUP No. 00122/10-24/TDUP/V/1999 NPWP No. 1. 798. 717. 3. 426 BANK. BRI Abdul Patah Cikijing No.Rekening :1108-01-001830-50-8 a/n Tatang Sofyan Iskandar BANK BNI Cabang Pembantu Cikijing No.Rekening : 0201108064 a/n Tatang Sofyan Iskandar PENDIRI : TATANG SOFYAN ISKANDAR. PEMIMPIN PERUSAHAAN : AHMAD MUKHLIS. WAKIL PEMIMPIN PERUSAHAAN : ADITYA WARDHANI SOFIE PEMIMPIN UMUM/REDAKSI/PENJAB ; TATANG SOFYAN ISKANDAR WAKIL PEMIMPIN REDAKSI : TOTONG SUGIHARTO DEWAN REDAKSI : ANDRIE M AMk. DADAN. T. SUGIHARTO, A. BAHTIAR ADIWIJAYA TUBAGUS RIYADI HARYONO. KUSMAYADI BURHANUDIN.SH.KORDINATOR LIPUTAN NASIONAL : NANA HELIANA.TASIMPERMANA.YUDI NURYAMAN,ABDUL ROHMAN,SAFRUDIN, ERNA RATNA NINGSIH, EDI SUPRIYADI, IDUN HAMID,DANI HERMAWAN. KORDINATOR WILAYAH JAWA BARAT : DADAN,KORDINATOR LIPUTAN JAWA BARAT :WAWAN ASSESOSIAWAN ,KORDINATOR WILAYAH PRIANGAN TIMUR; AGUS HERMAWAN PUTRA BIRO CIREBON INDRAMAYU:NANASURYANA.BIROKUNINGAN :WAWAN GUNAWAN BIRO MAJALENGKA : DEDY HERNAWAN, ATOY , YAYAN MULYANA, KUSTOLANI BIRO CIAMIS:DEDI RUKHMAYADI ,HERYANTO, LEPI RAHMAT FAUZI, M.HASIM BIRO : TASIK,GARUT, SUMEDANG : TOTONG KORDINATOR WILAYAH JAWA TENGAH : NUR ASRIPUDIN KORDINATOR WILAYAH JAWA TIMUR : TUBAGUS RIYADI HARYONO. KORDINATOR WILAYAH BALI, NTB,NTT : I GUSTI PANJI MALELA KORDINATOR WILAYAH KALIMANTAN : NUR ISMAIL KORDINATOR WILAYAH SUMATERA : UJANG, KORNEL SIJABAT,JASPIS PANJAITAN. Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.untuk Reporter /wartawan media on line arusbawah.com dibekali dengan Tanda Pengenal dan surat tugas.
Bookmark and Share
SELAMAT DATANG DI MEDIA ONLINE ARUSBAWAH " LIHAT PAKTA BUKA WACANA TERIMA KASIH ANDA TELAH KUNJUNGI " KAMI KAMI SIAP MELAYANI ANDA " SEMOGA BERMANFAAT "
 

mol

Ekonomi

Serba-serbi

INTERNATIONAL

Politik

Berita Budaya

Hukum

METROPOLITAN

kosong

...

Budaya

HAM

hukum 2

PENDIDIKAN

kosong

.

Musik dan Olahraga

Sosial

POTO/VIDEO

SPORT

.

POLITIK

kosong

.

Serba-Serbi

Arus Bawah Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template Modifikasi: tatang sofyan iskandar: cfdarusbawah