. Arus Bawah: Harga Elpiji 3 Kg di Kuningan Kacau tak Terkendali

Sabtu, 18 Januari 2014

Harga Elpiji 3 Kg di Kuningan Kacau tak Terkendali



arusbawah.com.- Harga gas elpiji bersubsidi tabung 3 Kilogram di Kabupaten Kuningan akhir-akhir mengalami kekacauan terkesan luput dari perhatian dan kendali serius pemerintah daerah setempat. Berdasarkan informasi yang dihimpun Pikiran Rakyat dari warga di sejumlah wilayah kecamatan, Selasa (14/1/2014) harga elpiji tabung 3 Kg yang bisa diperoleh masyarakat bervariatif jauh melampaui harga eceran tertinggi yang ditetapkan.

Sebagai contoh, menurut sejumlah masyarakat di Desa Bakom dan Karangsari, Kecamatan Darma, harga gas elpiji 3 Kg di warung-warung akhir-akhir ini dipatok antara Rp 18.000 hingga 21.000 per tabung. Namun, di balik itu warung-warung penjual elpiji 3 Kg di beberapa desa di Kecamatan Darma yang jaraknya lebih jauh dari Stasiun Pengisian Bulk Elpiji, seperti di Desa Sukarasa dan Desa Cageur, masih bisa mematok harga antara Rp 15.000 hingga Rp 16.000 per tabung.

Lain hal, harga elpiji yang sama di beberapa wilayah kecamatan berjarak lebih dari 30 hingga 40 kilometer dari Kuningan kota, seperti di Kecamatan Karangkancana, Cibeureum, dan Cibingbin, kini nyaris tak ada warung mematok harga di bawah Rp 18.000 per tabung. Bahkan, menurut Eris (46) warga Desa Jabranti, Kecamatan Karangkancana, harga elpiji 3 Kg di desanya, selama ini tak pernah kurang dari Rp 20.000 per tabung. "Sekarang malah melambung sampai Rp 25.000 per tabung," ujar Kepala Urusan Pemerintahan Desa Jabranti Iing Winata, menambahkan.

Lebih parah lagi, di Dusun Banjaran, Desa Jabranti yang hanya berjarak 3 kilometer dari desanya itu, harga elpiji 3 Kg sejak dua pekan terakhir melambung hingga Rp 30.000 per kilo gram. "Sebelumnya juga harga elpiji 3 Kg di Dusun Banjaran mahalnya luar biasa. Harga sebelum ada kenaikan sekarang pun, paling murahnya hampir tak pernah kurang dari Rp 27.000 per tabung," ujar Kepala Dusun Banjaran Rusdiana.

Tidak hanya di peloksok-peloksok pedesaan jauh dari kota, harga elpiji di warung-warung lingkungan permukiman warga dalam kawasan perkotaan pun, saat ini bahkan ada juga yang mencapai Rp 18.000 per tabung. Padahal, harga eceran tertinggi gas elpiji 3 Kg yang semestinya bisa diperoleh oleh masyarakat di seluruh wilayah Kabupaten Kuningan langsung dari agen dan penyalur resminya dipatok pemerintah daerah setempat, hanya Rp 13.750 per tabung.

Lonjakan harga elpiji tersebut, menurut keterangan warga di sejumlah peloksok perdesaan maupun di kawasan perkotan Kabupaten Kuningan, terjadi pascaadanya kenaikan harga elpiji tabung 12 Kg pada awal Januari 2014. Namun, sejauh ini kenaikan harga elpiji 12 Kg di Kuningan terpantau tidak sampai menimbulkan kasus kelangkaan gas bersubsidi tabung 3 Kg.

Dimintai tanggapan mengenai persoalan harga elpiji 3 Kg di daerahnya itu, Kepala Bagian Ekonomi Sekretariat Daerah Kabupaten Kuningan Trisman Supriatna, menyatakan pihaknya belum mengetahui atau pun mendapat laporan harga elpiji 3 Kg di wilayah Kuningan ada yang melambung hingga semahal itu. "Kalau sampai semahal itu, Itu sudah keterlaluan," ujar Trisman, 
Trisman menyatakan, pihaknya akan segera menurunkan tim untuk mengecek harga elpiji 3 Kg yang diberlakukan di warung-warung lingkungan permukiman penduduk. Melalui kegiatan tersebut, ujar Trisman, pihaknya sekaligus akan mencari tahu faktor penyebab kenaikan harganya itu . "Kalau penyebabnya dikarenakan ada agen atau penyalur resmi yang menaikan harga, agen atau penyalur resmi yang bersangkutan, akan kami cabut izinnya," katanya.

Selain itu, ujar Trisman, untuk mengantisipasi terjadinya masalah dalam hal pendistribusian dan harga elpiji 3 Kg di Kabupaten Kuningan di kemudian hari, pihaknya telah merencanakan akan mengatur dan menerapkan rayonisasi wilayah distribusi dan pemasaran para agen gas elpiji 3 Kg.

"Untuk menentukan teknis penerapan rayonisasi keagenan gas elpiji 3 Kg di Kabupaten Kuningan itu, kami jadwalkan akan dibahas melalui pertemuan bersama para pihak terkait, pada Kamis pekan ini. Pihak-pihak yang kami undang untuk pertemuan itu, di antaranya Hiswanamigas, pengusaha SPBE, dan para pengusaha agen gas elpiji 3 Kg di Kuningan," katanya.
arusbawah.com adalah sarana komunikasi Rakyat untuk menyampaikan gagasan, fikiran, kritik, saran dan usul yang disampaikan secara terbuka sehingga langsung dapat mempengaruhi opini publik sekaligus dapat mempengaruhi para pengambil kebijakan. Kedaulatan ekonomi, politik dan kebudayaan adalah pilar yg utama guna membangun kemandirian bangsa Perubahan yang diharapkan adalah perubahan kearah yang lebih baik dan suatu perubahan bukan kita tunggu jatuh dari langit...Tapi harus digerakkan oleh tangan kita semua, karena nasib satu bangsa tidak akan pernah berobah, sebelum bangsa itu sendiri yg merobahnya...!!...Amin.. ARUS BAWAH.COM *LIHAT FAKTA BUKA WACANA*. DITERBITKAN OLEH :YAYASAN BAITUL MUAMALAH INDONESIA YBMI- Notaris H.SOEKRAWINATA.SH no 01 Tgl 03-02-1999 STTO SOSPOL. No 220/-16/BINUM/IV/1999 SKD-No 503/32-KEC/IV/1999-13 April 1999 STPS No 467/922/SPM-MJL SK PROP JABAR No.062/800/PRKS/2004 Anggota BKSLP5K No.087-11 Desmber 1999 TDP No. 10235606511 TDUP No. 00122/10-24/TDUP/V/1999 NPWP No. 1. 798. 717. 3. 426 BANK. BRI Abdul Patah Cikijing No.Rekening :1108-01-001830-50-8 a/n Tatang Sofyan Iskandar BANK BNI Cabang Pembantu Cikijing No.Rekening : 0201108064 a/n Tatang Sofyan Iskandar PENDIRI : TATANG SOFYAN ISKANDAR. PEMIMPIN PERUSAHAAN : AHMAD MUKHLIS. WAKIL PEMIMPIN PERUSAHAAN : ADITYA WARDHANI SOFIE PEMIMPIN UMUM/REDAKSI/PENJAB ; TATANG SOFYAN ISKANDAR WAKIL PEMIMPIN REDAKSI : TOTONG SUGIHARTO DEWAN REDAKSI : ANDRIE M AMk. DADAN. T. SUGIHARTO, A. BAHTIAR ADIWIJAYA TUBAGUS RIYADI HARYONO. KUSMAYADI BURHANUDIN.SH.KORDINATOR LIPUTAN NASIONAL : NANA HELIANA.TASIMPERMANA.YUDI NURYAMAN,ABDUL ROHMAN,SAFRUDIN, ERNA RATNA NINGSIH, EDI SUPRIYADI, IDUN HAMID,DANI HERMAWAN. KORDINATOR WILAYAH JAWA BARAT : DADAN,KORDINATOR LIPUTAN JAWA BARAT :WAWAN ASSESOSIAWAN ,KORDINATOR WILAYAH PRIANGAN TIMUR; AGUS HERMAWAN PUTRA BIRO CIREBON INDRAMAYU:NANASURYANA.BIROKUNINGAN :WAWAN GUNAWAN BIRO MAJALENGKA : DEDY HERNAWAN, ATOY , YAYAN MULYANA, KUSTOLANI BIRO CIAMIS:DEDI RUKHMAYADI ,HERYANTO, LEPI RAHMAT FAUZI, M.HASIM BIRO : TASIK,GARUT, SUMEDANG : TOTONG KORDINATOR WILAYAH JAWA TENGAH : NUR ASRIPUDIN KORDINATOR WILAYAH JAWA TIMUR : TUBAGUS RIYADI HARYONO. KORDINATOR WILAYAH BALI, NTB,NTT : I GUSTI PANJI MALELA KORDINATOR WILAYAH KALIMANTAN : NUR ISMAIL KORDINATOR WILAYAH SUMATERA : UJANG, KORNEL SIJABAT,JASPIS PANJAITAN. Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.untuk Reporter /wartawan media on line arusbawah.com dibekali dengan Tanda Pengenal dan surat tugas.
Bookmark and Share
SELAMAT DATANG DI MEDIA ONLINE ARUSBAWAH " LIHAT PAKTA BUKA WACANA TERIMA KASIH ANDA TELAH KUNJUNGI " KAMI KAMI SIAP MELAYANI ANDA " SEMOGA BERMANFAAT "
 

mol

Ekonomi

Serba-serbi

INTERNATIONAL

Politik

Berita Budaya

Hukum

METROPOLITAN

kosong

...

Budaya

HAM

hukum 2

PENDIDIKAN

kosong

.

Musik dan Olahraga

Sosial

POTO/VIDEO

SPORT

.

POLITIK

kosong

.

Serba-Serbi

Arus Bawah Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template Modifikasi: tatang sofyan iskandar: cfdarusbawah