. Arus Bawah: Goyang Wakil Bupati Sumedang Digoyang, DPRD Diminta Angket

Kamis, 02 Januari 2014

Goyang Wakil Bupati Sumedang Digoyang, DPRD Diminta Angket


arusbawah.com Posisi Wakil Bupati Sumedang yang akan diusulkan jadi Bupati Sumedang, terus digoyang. Sejumlah elemen masyarakat melakukan aksi unjukrasa di depan Gedung DPRD Sumedang yang tengah menggelar rapat paripurna untuk Pengambilan Keputusan DPRD terhadap Prolegda Tahun 2014, dan Pengambilan Keputusan atas Rancangan Perda APBD 2014, Senin (23/12).
Bahkan Wakil Bupati, Ade Irawan itu, terpaksa keluar dari Gedung DPRD Sumedang melalui pintu darurat dan keluar dari SMA Negeri 1 Sumedang. Itu terjadi lantaran halaman depan DPRD Sumedang dipadati para pengunjukrasa, sementara Wakil Bupati Sendiri berencana akan memulai acara MTQ Tingkat Kabupaten Sumedang di Kiarapayung, Jatinangor.
“Wabup katanya akan membuka acara MTQ Tingkat Kabupaten Sumedang, jadi dia keluarnya via pintu darurat, yang langsung menuju SMA Negeri 1 Sumedang,” kata sumber Sumeks di DPRD Sumedang, kemarin.
Pantauan team arusbawah bahwa pendemo Gedung DPRD Sumedang ternyata bukan hanya warga Sumedang. Namun merupakan massa gabungan dari beberapa daerah seperti Indramayu, Cirebon, Kuningan, Subang, Garut, juga majalengka yang tergabung dalam GMBI wilayah dua. Sekitar 1100 massa mendatangi gedung wakil rakyat itu.
Para pendemo menyampaikan aspirasi dan beberapa tuntuan. Salahsatunya, mereka mendesak pada pimpinan DPRD Sumedang untuk melaksanakan tahapan yang diatur dalam PP yang menyangkut hak angket.
“DPRD ini kan punya hak angket, coba lah segera laksanakan mekanismenya, kami pun siap mengawal dan mengamankan proses tersebut,” ujar Ketua LSM GMBI Distrik Sumedang, Toni Tarsono.
Untuk meminta kejelasan sikap DPRD secara tertulis tentang sikdap dan tanggapan DPRD Sumedang, berkait kasus hukum yang menimpa Wakil Bupati Sumedang pada saat mejabat sebagai Ketua DPRD Cimahi.
Selain dari massa GMBI, sejumlah ibu-ibu Alhidayah dan berbagai elemen masyarakat lainya seperti GIBAS, turut menyemarakan aksi itu. Sekitar pukul 11.35, 15 orang perwakilan dari pengunjukrasa melakukan audiensi tertutup dengan para pimpimpinan DPRD di ruang rapat 1 yang diterima langsung oleh Ketua DPRD, Yaya Widarya dan Anggota dari masing-masing Fraksi seperti Sidik Jafar, H. Sarnata, Edi Sunardi, Nurdin Zaen, Aep Tirtamaya, Ridwan Solichin, Agus Suherman, Anyeu Widuri, Dede Suwarman, Jajang dan Engkos.
Dalam audiensi, mereka menanyakan hasil klarifikasi komisia A DPRD ke Kejari Cimahi dan melakukan Hak angket. Adapun Jawaban dari DPRD Sumedang yakni, pihak DPRD Sumedang menerima aspirasi dan tuntutan massa. Namun terkait masalah hak angket dalam proses pembentukan hak angket harus ditempuh minimal diusulkan oleh tujuh orang anggotaDPRD dari 2 Fraksi .
“Mohon bapak-bapak sekalian memahami, jika hak angket itupun ada mekanismenya. Dan kami dari DPRD siap untuk melakukanya, asalkan mekanismenya sesuai yakni diusulkan oleh tujuh orang anggotaDPRD dari 2 Fraksi,” ujar Yaya Widarya.
Senada dikatakan Ketua Fraksi PKS, Ridwan Solichin, sebut dia hak angket masih sebatas usulan untuk dibahas dalam rapat paripurna. “Masih sebatas membawa usulan untuk hak angket saja, dalam paripurna nanti. Muatan dari hak angket ini, nanti akan kita diskusikan karena proses politik jangan kita campur adukan dengan proses hukum,” kata Ridwan Solichin.
Sebut dia, pro dan kontra masyarakat Sumedang adalah hal yang wajar, namun ia meminta jangan sampai terjadi konflik kekerasan atau anarkis yang pada akhirnya merugikan masyarakat. “Namun yang menjadi muatan politik hak angket bukan perihal mossi tidak percaya. Intinnya kita concern terhadap aspirasi yang disampaikan oleh warga masyarakat mengenai usulan hak angket sesuai peraturan perundang-undangan,” jelasnya.
Lebih lanjut ia mengatakan, “Hak angket adalah hak DPRD yang dilindungi Undang-undang. Sesuai dengan Tatib DPRD, untuk  mengusulkan hak angket sekurang-kurangnya 7 orang anggota DPRD dan lebih dari 1 fraksi,” pungkasnya.
arusbawah.com adalah sarana komunikasi Rakyat untuk menyampaikan gagasan, fikiran, kritik, saran dan usul yang disampaikan secara terbuka sehingga langsung dapat mempengaruhi opini publik sekaligus dapat mempengaruhi para pengambil kebijakan. Kedaulatan ekonomi, politik dan kebudayaan adalah pilar yg utama guna membangun kemandirian bangsa Perubahan yang diharapkan adalah perubahan kearah yang lebih baik dan suatu perubahan bukan kita tunggu jatuh dari langit...Tapi harus digerakkan oleh tangan kita semua, karena nasib satu bangsa tidak akan pernah berobah, sebelum bangsa itu sendiri yg merobahnya...!!...Amin.. ARUS BAWAH.COM *LIHAT FAKTA BUKA WACANA*. DITERBITKAN OLEH :YAYASAN BAITUL MUAMALAH INDONESIA YBMI- Notaris H.SOEKRAWINATA.SH no 01 Tgl 03-02-1999 STTO SOSPOL. No 220/-16/BINUM/IV/1999 SKD-No 503/32-KEC/IV/1999-13 April 1999 STPS No 467/922/SPM-MJL SK PROP JABAR No.062/800/PRKS/2004 Anggota BKSLP5K No.087-11 Desmber 1999 TDP No. 10235606511 TDUP No. 00122/10-24/TDUP/V/1999 NPWP No. 1. 798. 717. 3. 426 BANK. BRI Abdul Patah Cikijing No.Rekening :1108-01-001830-50-8 a/n Tatang Sofyan Iskandar BANK BNI Cabang Pembantu Cikijing No.Rekening : 0201108064 a/n Tatang Sofyan Iskandar PENDIRI : TATANG SOFYAN ISKANDAR. PEMIMPIN PERUSAHAAN : AHMAD MUKHLIS. WAKIL PEMIMPIN PERUSAHAAN : ADITYA WARDHANI SOFIE PEMIMPIN UMUM/REDAKSI/PENJAB ; TATANG SOFYAN ISKANDAR WAKIL PEMIMPIN REDAKSI : TOTONG SUGIHARTO DEWAN REDAKSI : ANDRIE M AMk. DADAN. T. SUGIHARTO, A. BAHTIAR ADIWIJAYA TUBAGUS RIYADI HARYONO. KUSMAYADI BURHANUDIN.SH.KORDINATOR LIPUTAN NASIONAL : NANA HELIANA.TASIMPERMANA.YUDI NURYAMAN,ABDUL ROHMAN,SAFRUDIN, ERNA RATNA NINGSIH, EDI SUPRIYADI, IDUN HAMID,DANI HERMAWAN. KORDINATOR WILAYAH JAWA BARAT : DADAN,KORDINATOR LIPUTAN JAWA BARAT :WAWAN ASSESOSIAWAN ,KORDINATOR WILAYAH PRIANGAN TIMUR; AGUS HERMAWAN PUTRA BIRO CIREBON INDRAMAYU:NANASURYANA.BIROKUNINGAN :WAWAN GUNAWAN BIRO MAJALENGKA : DEDY HERNAWAN, ATOY , YAYAN MULYANA, KUSTOLANI BIRO CIAMIS:DEDI RUKHMAYADI ,HERYANTO, LEPI RAHMAT FAUZI, M.HASIM BIRO : TASIK,GARUT, SUMEDANG : TOTONG KORDINATOR WILAYAH JAWA TENGAH : NUR ASRIPUDIN KORDINATOR WILAYAH JAWA TIMUR : TUBAGUS RIYADI HARYONO. KORDINATOR WILAYAH BALI, NTB,NTT : I GUSTI PANJI MALELA KORDINATOR WILAYAH KALIMANTAN : NUR ISMAIL KORDINATOR WILAYAH SUMATERA : UJANG, KORNEL SIJABAT,JASPIS PANJAITAN. Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.untuk Reporter /wartawan media on line arusbawah.com dibekali dengan Tanda Pengenal dan surat tugas.
Bookmark and Share
SELAMAT DATANG DI MEDIA ONLINE ARUSBAWAH " LIHAT PAKTA BUKA WACANA TERIMA KASIH ANDA TELAH KUNJUNGI " KAMI KAMI SIAP MELAYANI ANDA " SEMOGA BERMANFAAT "
 

mol

Ekonomi

Serba-serbi

INTERNATIONAL

Politik

Berita Budaya

Hukum

METROPOLITAN

kosong

...

Budaya

HAM

hukum 2

PENDIDIKAN

kosong

.

Musik dan Olahraga

Sosial

POTO/VIDEO

SPORT

.

POLITIK

kosong

.

Serba-Serbi

Arus Bawah Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template Modifikasi: tatang sofyan iskandar: cfdarusbawah