. Arus Bawah: Kejari Gresik Lamban Menangani Dugaan Korupsi DAK Pendidikan 2010

Jumat, 15 Juni 2012

Kejari Gresik Lamban Menangani Dugaan Korupsi DAK Pendidikan 2010




GRESIK - Penanganan dugaan korupsi dana alokasi khusus (DAK) di Dinas Pendidikan (Dispendik) Kabupaten Gresik senilai Rp 16,2 miliar oleh Kejaksaan Negeri (Kejari) Gresik lamban. Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Forum Kota (Forkot) menganggap pemeriksaan itu lamban, karena hingga saat ini pihak Kejari hanya memeriksa beberapa kepala sekolah saja.

"Kami melaporkan kasus ini ke Kejari sudah dua bulan lalu. Namun sampai saat ini belum ada progress report. Penyidik kejaksaan baru melakukan pemeriksaan beberapa kepala sekolah. Kami akan terus melakukan pengawalan. Kami khawatir kasus ini akan dipermainkan,” kata Hasanuddin Farid, Kepala Biro Hukum dan Pemerintahan LSM Forkot, Jumat (27/5).

Dijelaskan, LSM Forkot sudah melakukan hearing dengan tim penyidik Kejari Gresik. Dalam pertemuan tersebut penyidik kejari memang sudah melakukan pemeriksaan pada beberapa kepala sekolah, dari 62 sekolah dasar (SD) penerima DAK. Bahkan, juga sudah lidik ke lokasi-lokasi sekolah. “Namun, bagi kami itu masih terlalu lamban,” tegas Hasanuddin Farid.

LSM Forkot adalah pelapor dugaan penyimpangan DAK Disdik Gresik 2010. Dalam laporannya, dari dana sebesar Rp16,2 miliar, sebesar Rp9,9 miliar pencairannya bermasalah. Dana DAK sebesar itu terbagi dalam beberapa item. Pembangunan 62 gedung perpustakaan masing-masing Rp82,402 juta. Sisanya Rp180 juta dipakai untuk pengadaan buku paket siswa, alat peraga, TIK dan peralatan multi media.

LSM Forkot juga menyertakan temuan indikasi penyimpangan. Di antaranya di SD Negeri Duduksampeyan, Kecamatan Duduksampeyan; SD Negeri Puntut Terate, Kecamatan Benjeng dan SD Negeri Mojogede, Kecamatan Balongpanggang. Di dua sekolah itu ditemukan pembangunan perpustakaan yang amburadul.

“Kendati begitu kami juga menurunkan tim ke lapangan untuk pengumpulan data. Intinya, kami tidak ingin laporan perkara dugaan korupsi DAK Disdik 2010 dipermainkan,” tegasnya.

Kepala Seksi Intelegen Kejari Gresik, Adung Sutranggono, menolak tuduhan keterlambatan tersebut. Menurutnya pemeriksaan dugaan korupsi tak bisa dilakukan secara tergesa-gesa, harus hati-hati agar tidak salah. Dia juga tidak ingin terburu-buru memanggil Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Gresik, Wanda Mentini Hariej.

“Di antaranya kami sudah memeriksa beberapa kepala sekolah. Kami juga sudah menurunkan tim untuk mengecek kondisi pembangunan perpustakaan di sekolah-sekolah. Jadi ini tidak terlambat,” ujarnya seraya menambahkan, bila pemanggilan Kadisdik juga harus melalui mekanisme dan ada tahapannya. SEP
arusbawah.com adalah sarana komunikasi Rakyat untuk menyampaikan gagasan, fikiran, kritik, saran dan usul yang disampaikan secara terbuka sehingga langsung dapat mempengaruhi opini publik sekaligus dapat mempengaruhi para pengambil kebijakan. Kedaulatan ekonomi, politik dan kebudayaan adalah pilar yg utama guna membangun kemandirian bangsa Perubahan yang diharapkan adalah perubahan kearah yang lebih baik dan suatu perubahan bukan kita tunggu jatuh dari langit...Tapi harus digerakkan oleh tangan kita semua, karena nasib satu bangsa tidak akan pernah berobah, sebelum bangsa itu sendiri yg merobahnya...!!...Amin.. ARUS BAWAH.COM *LIHAT FAKTA BUKA WACANA*. DITERBITKAN OLEH :YAYASAN BAITUL MUAMALAH INDONESIA YBMI- Notaris H.SOEKRAWINATA.SH no 01 Tgl 03-02-1999 STTO SOSPOL. No 220/-16/BINUM/IV/1999 SKD-No 503/32-KEC/IV/1999-13 April 1999 STPS No 467/922/SPM-MJL SK PROP JABAR No.062/800/PRKS/2004 Anggota BKSLP5K No.087-11 Desmber 1999 TDP No. 10235606511 TDUP No. 00122/10-24/TDUP/V/1999 NPWP No. 1. 798. 717. 3. 426 BANK. BRI Abdul Patah Cikijing No.Rekening :1108-01-001830-50-8 a/n Tatang Sofyan Iskandar BANK BNI Cabang Pembantu Cikijing No.Rekening : 0201108064 a/n Tatang Sofyan Iskandar PENDIRI : TATANG SOFYAN ISKANDAR. PEMIMPIN PERUSAHAAN : AHMAD MUKHLIS. WAKIL PEMIMPIN PERUSAHAAN : ADITYA WARDHANI SOFIE PEMIMPIN UMUM/REDAKSI/PENJAB ; TATANG SOFYAN ISKANDAR WAKIL PEMIMPIN REDAKSI : TOTONG SUGIHARTO DEWAN REDAKSI : ANDRIE M AMk. DADAN. T. SUGIHARTO, A. BAHTIAR ADIWIJAYA TUBAGUS RIYADI HARYONO. KUSMAYADI BURHANUDIN.SH.KORDINATOR LIPUTAN NASIONAL : NANA HELIANA.TASIMPERMANA.YUDI NURYAMAN,ABDUL ROHMAN,SAFRUDIN, ERNA RATNA NINGSIH, EDI SUPRIYADI, IDUN HAMID,DANI HERMAWAN. KORDINATOR WILAYAH JAWA BARAT : DADAN,KORDINATOR LIPUTAN JAWA BARAT :WAWAN ASSESOSIAWAN ,KORDINATOR WILAYAH PRIANGAN TIMUR; AGUS HERMAWAN PUTRA BIRO CIREBON INDRAMAYU:NANASURYANA.BIROKUNINGAN :WAWAN GUNAWAN BIRO MAJALENGKA : DEDY HERNAWAN, ATOY , YAYAN MULYANA, KUSTOLANI BIRO CIAMIS:DEDI RUKHMAYADI ,HERYANTO, LEPI RAHMAT FAUZI, M.HASIM BIRO : TASIK,GARUT, SUMEDANG : TOTONG KORDINATOR WILAYAH JAWA TENGAH : NUR ASRIPUDIN KORDINATOR WILAYAH JAWA TIMUR : TUBAGUS RIYADI HARYONO. KORDINATOR WILAYAH BALI, NTB,NTT : I GUSTI PANJI MALELA KORDINATOR WILAYAH KALIMANTAN : NUR ISMAIL KORDINATOR WILAYAH SUMATERA : UJANG, KORNEL SIJABAT,JASPIS PANJAITAN. Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.untuk Reporter /wartawan media on line arusbawah.com dibekali dengan Tanda Pengenal dan surat tugas.
Bookmark and Share
SELAMAT DATANG DI MEDIA ONLINE ARUSBAWAH " LIHAT PAKTA BUKA WACANA TERIMA KASIH ANDA TELAH KUNJUNGI " KAMI KAMI SIAP MELAYANI ANDA " SEMOGA BERMANFAAT "
 

mol

Ekonomi

Serba-serbi

INTERNATIONAL

Politik

Berita Budaya

Hukum

METROPOLITAN

kosong

...

Budaya

HAM

hukum 2

PENDIDIKAN

kosong

.

Musik dan Olahraga

Sosial

POTO/VIDEO

SPORT

.

POLITIK

kosong

.

Serba-Serbi

Arus Bawah Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template Modifikasi: tatang sofyan iskandar: cfdarusbawah