. Arus Bawah: Bupati H. Sutrisno, SE,M.SI Optimalkan Komite Sekolah

Jumat, 15 Juni 2012

Bupati H. Sutrisno, SE,M.SI Optimalkan Komite Sekolah

Disaat peran serta komite sekolah sedang pasif dalam pembangunan dunia pendidikan yang seyogianya lembaga ini harus diberdayakan, Bupati Majalengka H.Sutrisno, SE.M.Si merangkul para pahlawan swadaya ini untuk bangkit dan lebih berperan aktif

Pertama sekali dalam sejarah sejak berdirinya Komite sekolah dikabupaten Majalengka Pemerintah Daerah dalam hal ini Bupati melakukan sosialisasi tentang peranan Komite sekolah dalam mendobrak perkembangan dunia Pendidikan. Bertempat di Graha Sindangkasih Majalengka hari Kamis, 12 Januari 2012 di laksanakan kegiatan Sosialisasi Optimalisasi Peranan Komite Sekolah Dalam Penyelenggaraan Pendidikan Untuk Mewujudkan Majalengka Religius Maju dan Sejahtera (REMAJA), Kegiatan tersebut dihadiri 816 orang komite sekolah sekabupaten Majalengka, kepala UPTD, perwakilan kepala sekolah dan perwakilan siswa SD yang akan menerima secara simbolis Bantuan Siswa Miskin.

Di awali dengan Laporan Ketua Pelaksana oleh Kepala Dinas Pendidikan Kab. Majalengka Drs,. H. Sanwasi, MM., mengatakan bahwa peranan komite sekolah sangat penting dalam mewujudkan pencapaian wajar DIKDAS 9 tahun dan Rintisan 12 tahun, dimana komite sekolah harus bersinergi dengan kepala sekolah dan guru untuk membangun sekolah dimasing-masing wilayah kerjanya.

Dalam kesempatan tersebut Kadisdik Sanwasi menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada Bupati H.Sutrisno atas segala kegigihanya dalam mendombrak bantuan dan anggaran melalui daerah kabupaten,propinsi dan pusat tanpa perjuangan bapak dan motivasinya kepada penyelenggara pendidikan kemajuan yang sedang terjadi saat ini tidak akan bisa diraih, sebagai bukti nyata pembangunan sarana prasanan setiap tahunya semakin meningkat.

Perubahan Anggaran yang mendasar keseluruhan Dinas Pendidikan Kab. Majalengka tahun 2011 Rp. 725.453.058.259,- menjadi Rp. 813.428.980.338,-.di tahun 2012. Anggaran BOS (Biaya Operasional Sekolah) Dinas Pendidikan Kab.Majalengka mengalami kenaikan dari tahun 2011.Sedangkan Anggaran DAK (Dana Alokasi Khusus) Dinas Pendidikan Kab. Majalengka tahun 2011 Rp. 54.169.170.000,- naik menjadi Rp. 95.906.151.000,- di tahun 2012 yang meliputi rehap sekolah ditahun 2011 sebanyak 330 paket pilsung dan juksung disamping APBNP.

Lebih gamblang Sanwasi menyebutkan hal-hal yang mendasar dalam rangka peningkatan Pendidikan adalah peranan aktif dari seluruh lapisan masyarakat untuk berpartisifasi mendorong, memantau, mendukung dan membangun secara menyeluruh segala kegiatan pembelajaran disetiap sekolah dimana jumlah satuan pendidikan yang jumlahnya cukup meningkat. Dimana kelompok bermain sebanyak 621 kelompok dengan murid 16371 orang, TK 305 jumlah murid 9505 orang, SD sebanyak 816 dengan jumlah murid 125966 orang, SMP 87 sekolah dengan murid sebanyak 61022 orang, SMK 21 sekolah dan siswa sebanyak 15077 siswa serta jumlah guru PNS 10742 0rang dan Non PNS sebanyak 5321 orang.

Selain menyerahkan bantuan BSM secara simbolis Bupati Majalengka H. Sutrisno, SE.,M.SI dalam sambutanya dengan gamblang menyampaikan peran penting tugas dan tanggung jawab pendidikan adalah keluarga, masyarakat dan pemerintah yang semuanya harus didasari keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SAW karena Rosullala turun kubumi yang paling pertama sekali diutarankan ahlak dan budipekerti, dengan landasan keagamaan maka pendidikan dikabupaten majalengka akan Religius Maju dan Sejahtera.

Dengan besarnya anggaran pendidikan yang setiap tahun mengalami kenaikan, dimana anggaran pendidikan mencapai Rp. 813.428.980.338,- secara keseluruhan merupakan biaya kebutuhan guru sebagai tenaga didik dan pendidikan serta peningkatan sarana-prasarana sebagai factor pendukung dan penunjang pendidikan. Peran serta masyarakat dalam pendidikan berfungsi “memperbaiki akses, mutu, daya saing, relevansi, tata kelola, dan akuntabilitas pengelolaan dan penyelenggaraan pendidikan”.Selanjutnya peran dan fungsi komite sekolah agar betul-betul mampu dilaksanakan sebagaimana mestinya sesuai dengan tuntutan dan kebutuhan di masing-masing satuan pendidikan.sehingga diharapkan terjalinnya kerjasama yang efektif dan harmonis antara pihak sekolah dengan komite sekolah.

Adanya BOS harus benar-benar dilaksanakan untuk kepentingan peningkatan pendidikan komite sekolah harus mengetahui dan bertanggungjawab dalam penggunaanya serta tenaga Pengawas dan Penilik juga harus benar-benar juga untuk melakukan tugasya sesuai dengan fungsi sehingga peranan masing-masing yunit tugas berjalan dengan baik dan tidak terjadi lagi bahwa komite sekolah urusan BOS tidak dibawa-bawa,(disambut tepuk tangan menggelegar dari seluruh komite yang hadir) dan kedepan bantuan pembangunan rehap sekolah akan dikembalikan ke Komite sekolah. (taopik)
arusbawah.com adalah sarana komunikasi Rakyat untuk menyampaikan gagasan, fikiran, kritik, saran dan usul yang disampaikan secara terbuka sehingga langsung dapat mempengaruhi opini publik sekaligus dapat mempengaruhi para pengambil kebijakan. Kedaulatan ekonomi, politik dan kebudayaan adalah pilar yg utama guna membangun kemandirian bangsa Perubahan yang diharapkan adalah perubahan kearah yang lebih baik dan suatu perubahan bukan kita tunggu jatuh dari langit...Tapi harus digerakkan oleh tangan kita semua, karena nasib satu bangsa tidak akan pernah berobah, sebelum bangsa itu sendiri yg merobahnya...!!...Amin.. ARUS BAWAH.COM *LIHAT FAKTA BUKA WACANA*. DITERBITKAN OLEH :YAYASAN BAITUL MUAMALAH INDONESIA YBMI- Notaris H.SOEKRAWINATA.SH no 01 Tgl 03-02-1999 STTO SOSPOL. No 220/-16/BINUM/IV/1999 SKD-No 503/32-KEC/IV/1999-13 April 1999 STPS No 467/922/SPM-MJL SK PROP JABAR No.062/800/PRKS/2004 Anggota BKSLP5K No.087-11 Desmber 1999 TDP No. 10235606511 TDUP No. 00122/10-24/TDUP/V/1999 NPWP No. 1. 798. 717. 3. 426 BANK. BRI Abdul Patah Cikijing No.Rekening :1108-01-001830-50-8 a/n Tatang Sofyan Iskandar BANK BNI Cabang Pembantu Cikijing No.Rekening : 0201108064 a/n Tatang Sofyan Iskandar PENDIRI : TATANG SOFYAN ISKANDAR. PEMIMPIN PERUSAHAAN : AHMAD MUKHLIS. WAKIL PEMIMPIN PERUSAHAAN : ADITYA WARDHANI SOFIE PEMIMPIN UMUM/REDAKSI/PENJAB ; TATANG SOFYAN ISKANDAR WAKIL PEMIMPIN REDAKSI : TOTONG SUGIHARTO DEWAN REDAKSI : ANDRIE M AMk. DADAN. T. SUGIHARTO, A. BAHTIAR ADIWIJAYA TUBAGUS RIYADI HARYONO. KUSMAYADI BURHANUDIN.SH.KORDINATOR LIPUTAN NASIONAL : NANA HELIANA.TASIMPERMANA.YUDI NURYAMAN,ABDUL ROHMAN,SAFRUDIN, ERNA RATNA NINGSIH, EDI SUPRIYADI, IDUN HAMID,DANI HERMAWAN. KORDINATOR WILAYAH JAWA BARAT : DADAN,KORDINATOR LIPUTAN JAWA BARAT :WAWAN ASSESOSIAWAN ,KORDINATOR WILAYAH PRIANGAN TIMUR; AGUS HERMAWAN PUTRA BIRO CIREBON INDRAMAYU:NANASURYANA.BIROKUNINGAN :WAWAN GUNAWAN BIRO MAJALENGKA : DEDY HERNAWAN, ATOY , YAYAN MULYANA, KUSTOLANI BIRO CIAMIS:DEDI RUKHMAYADI ,HERYANTO, LEPI RAHMAT FAUZI, M.HASIM BIRO : TASIK,GARUT, SUMEDANG : TOTONG KORDINATOR WILAYAH JAWA TENGAH : NUR ASRIPUDIN KORDINATOR WILAYAH JAWA TIMUR : TUBAGUS RIYADI HARYONO. KORDINATOR WILAYAH BALI, NTB,NTT : I GUSTI PANJI MALELA KORDINATOR WILAYAH KALIMANTAN : NUR ISMAIL KORDINATOR WILAYAH SUMATERA : UJANG, KORNEL SIJABAT,JASPIS PANJAITAN. Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.untuk Reporter /wartawan media on line arusbawah.com dibekali dengan Tanda Pengenal dan surat tugas.
Bookmark and Share
SELAMAT DATANG DI MEDIA ONLINE ARUSBAWAH " LIHAT PAKTA BUKA WACANA TERIMA KASIH ANDA TELAH KUNJUNGI " KAMI KAMI SIAP MELAYANI ANDA " SEMOGA BERMANFAAT "
 

mol

Ekonomi

Serba-serbi

INTERNATIONAL

Politik

Berita Budaya

Hukum

METROPOLITAN

kosong

...

Budaya

HAM

hukum 2

PENDIDIKAN

kosong

.

Musik dan Olahraga

Sosial

POTO/VIDEO

SPORT

.

POLITIK

kosong

.

Serba-Serbi

Arus Bawah Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template Modifikasi: tatang sofyan iskandar: cfdarusbawah