. Arus Bawah: Ajaran Diplomasi Bung Sjahrir

Senin, 21 November 2011

Ajaran Diplomasi Bung Sjahrir



Monday, 21 November 2011
Beras Jawa ditukar tekstil India. Serdadu Jepang dan tawanan perang sekutu lempang pulang. Sjahrir memberi fondasi politik luar negeri bebas aktif.

Inilah “diplomasi beras” ala Sjahrir yang dimulai April 1946 ketika dia membuat penawaran yang sensasional di masa itu. M e n g i r i m k a n setengah juta ton beras asal Jawa ke India yang terancam kelaparan akibat gagal panen. Dia meminta beras itu ditukar dengan tekstil dan obat-obatan untuk Republik. Beberapa petinggi Republik saat itu terhenyak. Apalagi pasca-Jepang pergi, kondisi Republik masih sangat papa. Tapi Sjahrir sendiri kemudian mengulangi pesannya kepada Free Press.

Nehru yang terpukau oleh uluran tangan Sjharir lantas mengadakan Asian Relations Conference di New Delhi dan mengundang Sjahrir. Kesuksesan diplomasi beras itu tak lepas dari strategi Sjahrir merengkuh “kawan” segera setelah perang berakhir. Hanya dua minggu setelah resmi menjadi perdana menteri pada akhir November 1945, Sjahrir menandatangani perjanjian dengan sekutu untuk memulangkan serdadu Jepang dan tawanan perang.Perundingan dilakukan Wakil Menteri Luar Negeri Haji Agus Salim. Hubungan Sjahrir dengan dunia luar sepanjang 1945– 1947 sering dikutip sebagai kesuksesan.

Sjahrir juga merupakan tokoh yang dikenal di dalam sejarah Perjanjian Linggarjati yang banyak menuai kontroversi. Sjahrir, perdana menteri berusia 37 tahun,memimpin pertarungan diplomasi tingkat tinggi.Anggotanya Mohammad Roem, Soesanto Tirtoprodjo–– keduanya meester in de rechten––, dan Dokter Soedarsono.Perundingan Linggarjati adalah hasil diplomasi berliku yang diusahakan Sjahrir. Setelah proklamasi, situasi Indonesia sangat genting. Belanda datang kembali membonceng sekutu.

Mereka mendarat di Tanjung Priok pada 29 September 1945.Tak berapa lama, Surabaya membara pada 10 November perang hadir di depan mata dan Indonesia terancam kalah.Adalah Sjahrir yang bisa membalik semua keadaan itu dalam waktu cepat. Pada 23 November, kabinet Sjahrir menjawab dengan maklumat, Indonesia tak sudi berunding selama Belanda berpendirian masih berdaulat di Indonesia.

Seperti bermain catur, sedikit demi sedikit Sjahrir terus menekan Pemerintah Belanda melalui diplomasi. Ia terus-menerus mengupayakan agar Indonesia dan Belanda duduk di meja perundingan. ●

M REZA S ZAKI
Menteri Kastrat BEM KM Universitas Gadjah Mada (UGM)
arusbawah.com adalah sarana komunikasi Rakyat untuk menyampaikan gagasan, fikiran, kritik, saran dan usul yang disampaikan secara terbuka sehingga langsung dapat mempengaruhi opini publik sekaligus dapat mempengaruhi para pengambil kebijakan. Kedaulatan ekonomi, politik dan kebudayaan adalah pilar yg utama guna membangun kemandirian bangsa Perubahan yang diharapkan adalah perubahan kearah yang lebih baik dan suatu perubahan bukan kita tunggu jatuh dari langit...Tapi harus digerakkan oleh tangan kita semua, karena nasib satu bangsa tidak akan pernah berobah, sebelum bangsa itu sendiri yg merobahnya...!!...Amin.. ARUS BAWAH.COM *LIHAT FAKTA BUKA WACANA*. DITERBITKAN OLEH :YAYASAN BAITUL MUAMALAH INDONESIA YBMI- Notaris H.SOEKRAWINATA.SH no 01 Tgl 03-02-1999 STTO SOSPOL. No 220/-16/BINUM/IV/1999 SKD-No 503/32-KEC/IV/1999-13 April 1999 STPS No 467/922/SPM-MJL SK PROP JABAR No.062/800/PRKS/2004 Anggota BKSLP5K No.087-11 Desmber 1999 TDP No. 10235606511 TDUP No. 00122/10-24/TDUP/V/1999 NPWP No. 1. 798. 717. 3. 426 BANK. BRI Abdul Patah Cikijing No.Rekening :1108-01-001830-50-8 a/n Tatang Sofyan Iskandar BANK BNI Cabang Pembantu Cikijing No.Rekening : 0201108064 a/n Tatang Sofyan Iskandar PENDIRI : TATANG SOFYAN ISKANDAR. PEMIMPIN PERUSAHAAN : AHMAD MUKHLIS. WAKIL PEMIMPIN PERUSAHAAN : ADITYA WARDHANI SOFIE PEMIMPIN UMUM/REDAKSI/PENJAB ; TATANG SOFYAN ISKANDAR WAKIL PEMIMPIN REDAKSI : TOTONG SUGIHARTO DEWAN REDAKSI : ANDRIE M AMk. DADAN. T. SUGIHARTO, A. BAHTIAR ADIWIJAYA TUBAGUS RIYADI HARYONO. KUSMAYADI BURHANUDIN.SH.KORDINATOR LIPUTAN NASIONAL : NANA HELIANA.TASIMPERMANA.YUDI NURYAMAN,ABDUL ROHMAN,SAFRUDIN, ERNA RATNA NINGSIH, EDI SUPRIYADI, IDUN HAMID,DANI HERMAWAN. KORDINATOR WILAYAH JAWA BARAT : DADAN,KORDINATOR LIPUTAN JAWA BARAT :WAWAN ASSESOSIAWAN ,KORDINATOR WILAYAH PRIANGAN TIMUR; AGUS HERMAWAN PUTRA BIRO CIREBON INDRAMAYU:NANASURYANA.BIROKUNINGAN :WAWAN GUNAWAN BIRO MAJALENGKA : DEDY HERNAWAN, ATOY , YAYAN MULYANA, KUSTOLANI BIRO CIAMIS:DEDI RUKHMAYADI ,HERYANTO, LEPI RAHMAT FAUZI, M.HASIM BIRO : TASIK,GARUT, SUMEDANG : TOTONG KORDINATOR WILAYAH JAWA TENGAH : NUR ASRIPUDIN KORDINATOR WILAYAH JAWA TIMUR : TUBAGUS RIYADI HARYONO. KORDINATOR WILAYAH BALI, NTB,NTT : I GUSTI PANJI MALELA KORDINATOR WILAYAH KALIMANTAN : NUR ISMAIL KORDINATOR WILAYAH SUMATERA : UJANG, KORNEL SIJABAT,JASPIS PANJAITAN. Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.untuk Reporter /wartawan media on line arusbawah.com dibekali dengan Tanda Pengenal dan surat tugas.
Bookmark and Share
SELAMAT DATANG DI MEDIA ONLINE ARUSBAWAH " LIHAT PAKTA BUKA WACANA TERIMA KASIH ANDA TELAH KUNJUNGI " KAMI KAMI SIAP MELAYANI ANDA " SEMOGA BERMANFAAT "
 

mol

Ekonomi

Serba-serbi

INTERNATIONAL

Politik

Berita Budaya

Hukum

METROPOLITAN

kosong

...

Budaya

HAM

hukum 2

PENDIDIKAN

kosong

.

Musik dan Olahraga

Sosial

POTO/VIDEO

SPORT

.

POLITIK

kosong

.

Serba-Serbi

Arus Bawah Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template Modifikasi: tatang sofyan iskandar: cfdarusbawah