. Arus Bawah: Pergerakan (blogger) Mahasiswa

Jumat, 26 Agustus 2011

Pergerakan (blogger) Mahasiswa


Saya masih ingat betul ketika saya mengikuti MPKMB di GWW. Waktu itu dihadirkan para aktivis yang terlibat langsung pada reformasi 1998. Beliau-beliau yang luar biasa ini membagi pengalamannya kepada kami yang sebenarnya sudah sangat bosan dan mengantuk. Maklum kala itu sudah cukup sore. Para aktivis yang juga alumni IPB ini bercerita dengan penuh semangat, menyerukan pergerakan mahasiswa. Pada saat itu saya masih bertanya-tanya tanpa ada hasrat mencari tahu apa itu pergerakan mahasiswa. Yang saya lakukan hanya mengepalkan tangan dan berteriak “Hidup Mahasiswa!” setiap kali ada pembicara atau MC yang menyerukan kata-kata tersebut.


“Kamu ga usah macem-macem, jangan ikut-ikut demo, mama ga kasih izin, biarin dibilang bencong, yang penting kamu ga ikut, kamu ke IPB untuk kuliah, titik”

Akhirnya waktu pun terus berjalan. Dan tanpa disadari mulai sedikit mengerti apa itu pergerakan mahasiswa. Yang dapat saya simpullkan bahwa mahasiswa sebagai insan yang berpendidikan tinggi mempunyai tanggung jawab terhadapa masyarakat. Mahasiswa dituntut memiliki kepekaan sosial yang tinggi. Saat rakyat di zholimi maka kita sebagai mahasiswa wajib melindungi rakyat.

Lalu bagaimana wujud nyata pergerakan mahasiswa itu?. Ini yang salah saya artikan ketika saya masih di smester awal. Setiap kali saya mendengar kata-kata pergerakan mahasiswa pikiran saya langsung tertuju pada aksi turun ke jalan. Dan saat itu juga saya ingat pesan orang tua saya. “Kamu ga usah macem-macem, jangan ikut-ikut demo, mama ga kasih izin, biarin dibilang bencong, yang penting kamu ga ikut, kamu ke IPB untuk kuliah, titik”. Tidak hanya orang tua yang berpesan, kakak kelas dari OMDA juga selalu menyampaikan untuk jangan terlibat demo. Ternyata itu adalah suatu kesalahan besar. Sepanjang perjalanan saya di IPB saya akhirnya mengerti mengapa di dalam MPKMB terdapat acara simulasi demonstrasi, tak lain tak bukan tujuannya adalah untuk menimbulkan rasa nasionalisme yang tinggi. Tentunya orang tua saya dan kakak kelas saya yang melarang saya untuk berpartisipasi dalam aksi bukan tanpa alasan. Negara ini penegakan hukumnya masih lemah. Rakyatnya belum sepenuhnya paham akan demokrasi. Akan ada banyak kemungkinan yang terjadi pada saat demonstrasi. Mulai dari aksi anarkis dari pihak yang tidak bertanggung jawab sampai kepentingan -kepentingan politik pihak tertentu yang akhirnya memberikan kesan bahwa aksi turun ke jalan merupakan sesuatu yang berbahaya.

Lalu apakah kita akan diam saja? Kita memilih untuk menutup mata?. Ada peribahasa yang cocok untuk pernyataan ini “Lebih baik mati berkalang tanah, daripada hidup bercermin bangkai”. Artinya lebih baik kita mati dalam peperangan dari pada kita kalah menyerah sebelum berperang. Yang terbaik yang bisa kita lakukan adalah berperang dengan porsi kita masing-masing. Maksud saya disini adalah pergerakan mahasiswa tidak harus turun ke jalan. Memang ada ada kalanya kita pun harus turun ke jalan. Buatlah suatu pergerakan mahasiswa sesuai yang kita senangi. Bisa lewat seni, lewat tulisan dan masih banyak lagi. Mungkin anda juga sering mendengar semboyan para rocker, “konser yang hebat dapat mengubah dunia”. Dan pernyataan itu sepenuhnya benar menurut saya. Yang ingin saya sampaikan pada tulisan ini adalah mari kita berjuang untuk ibu pertiwi. Karena negeri ini tidak bisa menunggu lebih lama lagi. Bagi para rocker teruslah berkarya untuk membangun negeri ini ke arah yang lebih baik. Dan tentu saja, bagi para BLOGGER, teruslah bangun negeri ini dengan tulisan-tulisan dan karya-karyamu! karena BLOG mu akan MEMBANGUN INDONESIA dan akan MEMPENGARUHI dunia!oleh asudomo [Blogger IPB]
arusbawah.com adalah sarana komunikasi Rakyat untuk menyampaikan gagasan, fikiran, kritik, saran dan usul yang disampaikan secara terbuka sehingga langsung dapat mempengaruhi opini publik sekaligus dapat mempengaruhi para pengambil kebijakan. Kedaulatan ekonomi, politik dan kebudayaan adalah pilar yg utama guna membangun kemandirian bangsa Perubahan yang diharapkan adalah perubahan kearah yang lebih baik dan suatu perubahan bukan kita tunggu jatuh dari langit...Tapi harus digerakkan oleh tangan kita semua, karena nasib satu bangsa tidak akan pernah berobah, sebelum bangsa itu sendiri yg merobahnya...!!...Amin.. ARUS BAWAH.COM *LIHAT FAKTA BUKA WACANA*. DITERBITKAN OLEH :YAYASAN BAITUL MUAMALAH INDONESIA YBMI- Notaris H.SOEKRAWINATA.SH no 01 Tgl 03-02-1999 STTO SOSPOL. No 220/-16/BINUM/IV/1999 SKD-No 503/32-KEC/IV/1999-13 April 1999 STPS No 467/922/SPM-MJL SK PROP JABAR No.062/800/PRKS/2004 Anggota BKSLP5K No.087-11 Desmber 1999 TDP No. 10235606511 TDUP No. 00122/10-24/TDUP/V/1999 NPWP No. 1. 798. 717. 3. 426 BANK. BRI Abdul Patah Cikijing No.Rekening :1108-01-001830-50-8 a/n Tatang Sofyan Iskandar BANK BNI Cabang Pembantu Cikijing No.Rekening : 0201108064 a/n Tatang Sofyan Iskandar PENDIRI : TATANG SOFYAN ISKANDAR. PEMIMPIN PERUSAHAAN : AHMAD MUKHLIS. WAKIL PEMIMPIN PERUSAHAAN : ADITYA WARDHANI SOFIE PEMIMPIN UMUM/REDAKSI/PENJAB ; TATANG SOFYAN ISKANDAR WAKIL PEMIMPIN REDAKSI : TOTONG SUGIHARTO DEWAN REDAKSI : ANDRIE M AMk. DADAN. T. SUGIHARTO, A. BAHTIAR ADIWIJAYA TUBAGUS RIYADI HARYONO. KUSMAYADI BURHANUDIN.SH.KORDINATOR LIPUTAN NASIONAL : NANA HELIANA.TASIMPERMANA.YUDI NURYAMAN,ABDUL ROHMAN,SAFRUDIN, ERNA RATNA NINGSIH, EDI SUPRIYADI, IDUN HAMID,DANI HERMAWAN. KORDINATOR WILAYAH JAWA BARAT : DADAN,KORDINATOR LIPUTAN JAWA BARAT :WAWAN ASSESOSIAWAN ,KORDINATOR WILAYAH PRIANGAN TIMUR; AGUS HERMAWAN PUTRA BIRO CIREBON INDRAMAYU:NANASURYANA.BIROKUNINGAN :WAWAN GUNAWAN BIRO MAJALENGKA : DEDY HERNAWAN, ATOY , YAYAN MULYANA, KUSTOLANI BIRO CIAMIS:DEDI RUKHMAYADI ,HERYANTO, LEPI RAHMAT FAUZI, M.HASIM BIRO : TASIK,GARUT, SUMEDANG : TOTONG KORDINATOR WILAYAH JAWA TENGAH : NUR ASRIPUDIN KORDINATOR WILAYAH JAWA TIMUR : TUBAGUS RIYADI HARYONO. KORDINATOR WILAYAH BALI, NTB,NTT : I GUSTI PANJI MALELA KORDINATOR WILAYAH KALIMANTAN : NUR ISMAIL KORDINATOR WILAYAH SUMATERA : UJANG, KORNEL SIJABAT,JASPIS PANJAITAN. Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.untuk Reporter /wartawan media on line arusbawah.com dibekali dengan Tanda Pengenal dan surat tugas.
Bookmark and Share
SELAMAT DATANG DI MEDIA ONLINE ARUSBAWAH " LIHAT PAKTA BUKA WACANA TERIMA KASIH ANDA TELAH KUNJUNGI " KAMI KAMI SIAP MELAYANI ANDA " SEMOGA BERMANFAAT "
 

mol

Ekonomi

Serba-serbi

INTERNATIONAL

Politik

Berita Budaya

Hukum

METROPOLITAN

kosong

...

Budaya

HAM

hukum 2

PENDIDIKAN

kosong

.

Musik dan Olahraga

Sosial

POTO/VIDEO

SPORT

.

POLITIK

kosong

.

Serba-Serbi

Arus Bawah Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template Modifikasi: tatang sofyan iskandar: cfdarusbawah