. Arus Bawah: KASUS PUNGLI PRONA DESA PADASARI KABUPATEN TEGAL DALAM PENYIDIKAN KEJAKSAAN

Jumat, 05 Agustus 2011

KASUS PUNGLI PRONA DESA PADASARI KABUPATEN TEGAL DALAM PENYIDIKAN KEJAKSAAN

MOL- AB. Pelaksanaan Prona (Program Nasional Agraria) yang akhirnya bermasalah, yakni menjadi kasus korupsi pernah terjadi di wilayah Desa Labu Jambu, Kecamatan Tarano, Sumbawa, dimana awalnya ditangani pihak Polsek Empang, namun dilimpahkan ke Polres Sumbawa. Soalnya, kasus yang semula ditangani menggunakan pasal penggelapan, diarahkan ke tindak pidana korupsi.

Pasalnya pihak Kejaksaan mengembalikan berkas perkara yang diajukan penyidik Polsek Empang oleh pihak kejaksaan (P-19). Awal proses penyidikan kasus ini menerapkan pasal penggelapan. Dengan petunjuk jaksa, kasus dugaan penyimpangan Prona diarahkan ke tindak pidana korupsi menggunakan UU No. 31 Tahun 1999 yang telah dirubah dengan UU No. 20 Tahun 2001 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi.
Kasus tersebut bermula dari adanya proyek Prona di wilayah Desa labu Jambu Kecamatan Tarano. Sekitar 100 lebih warga yang diajukan untuk menjadi bagian dalam proyek tersebut dipungut biaya sekitar Rp 300 ribu lebih per persil. Padahal dari tim pertanahan yang turun menetapkan biaya Prona hanya Rp 200 ribu per persil.

Seperti sekarang yang terjadi di Desa Padasari, Kecamatan Jatinegara, Kabupaten Tegal, dimana dalam pelaksanaan Prona Tahun 2011 disinyalir dalam penarikan uang kepada masyarakat terlalu besar dan membebani warganya. Sudah jelas, dimana tiap pelaksanaan prona pihak BPN (Badan Pertanahan Nasional), ditugaskan untuk melaksanakan urusan pemerintahan di bidang pertanahan, antara lain melanjutkan penyelenggaraan percepatan pendaftaran tanah sesuai dengan amanat Pasal 19 tersebut, terutama bagi masyarakat golongan ekonomi lemah sampai menengah melalui kegiatan PRONA yang sudah dilaksanakan sejak tahun 1981.

Percepatan pendaftaran tanah diselenggarakan hendaknya memperhatikan prinsip bahwa tanah secara nyata dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat, berperan secara jelas untuk terciptanya tatanan kehidupan bersama yang lebih berkeadilan, menjamin keberlanjutan kehidupan masyarakat, berbangsa dan bernegara untuk meminimalkan perkara, masalah, sengketa dan konflik pertanahan.
Selain dari pada itu percepatan pendaftaran tanah juga merupakan pelaksanaan dari 11 Agenda BPN-RI, khususnya untuk meningkatkan pelayanan pelaksanaan pendaftaran tanah secara menyeluruh, dan penguatan hak-hak rakyat atas tanah.

Namun yang terjadi di Desa Padasari,dengan jumlah pendaftar Prona 125 bidang, tiap warga dibebani sebesar RP. 500 ribu. Jika dikalikan, jumlah yang terkumpul sebesar Rp. 62.500.000. Padahal dalam BIAYA Sumber anggaran PRONA dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) yang dialokasikan dalam DIPA Kantor Pertanahan Kabupaten Tegal jelas ada. Dimana pada Program Pengelolaan Pertanahan, didalam pelaksanaan kegiatan PRONA semua biaya: Biaya Pendaftaran, Biaya Pengukuran, Biaya Pemeriksaan Tanah adalah GRATIS (PEMOHON TIDAK DIPUNGUT BIAYA/BEBAS BIAYA) , dengan ketentuan semua persyaratan telah lengkap dan benar. Namun biaya yang timbul akibat dari persyaratan yang harus dipenuhi oleh warga sebagaimana yang telah ditentukan menjadi tanggung jawab pemohon / peserta PRONA (TIDAK BEBAS BIAYA).

Bukti ada pungutan diluar ketentuan yang terjadi di desa Padasari dalam pelaksanaan PRONA 2011 tertuang dalam Rencana Anggaran Biaya (RAB) yang terbagi dalam dua belas item. Dimana dalam itemnya jelas-jelas tertera peruntukannya, seperti dalam hal pengeluaran, tertera peruntukannya, seperti :
a. PERSIAPAN BPN/nama Rp.50 rb/warga
b. Pendataan Anggota/ nama Rp.10 rb/warga
c. Materai/lembar Rp. 6 rb/warga
d. Patok dan biaya angkut batang Rp.12 rb/warga
e. Pemberkasan ke BPN/ nama Rp.17.500 rb/warga
f. ATK dan foto copy Rp.-
g. Persiapan PPh PPN/ nama Rp.50 rb/warga

Belum lagi digunakan untuk kepengurusan dan operasional dalam pelaksanaan PRONA di desa Padasari. Dalam kepengurusan tersebut tertera: Penanggung jawab, ketua, sekretaris dan bendahara, dan ditambah dengan seksi-seksi yang besarnya fariatif. Untuk ;
1) Penangung jawab sebesar Rp 1 jt,
2) Ketua Rp. 750 rb,
3) Sekretaris Rp.600 Rb dan
4) Tiap seksi ada yang Rp.200 rb sampai dengan Rp.100 Rb.
Perlu di ketahui, dapat informasi, dalam pelaksanaan PRONA ada 4 desa di Kecamatan Jatinegara, yakni :
1.Desa Penyalahan mendapat 250 bidang ( perbidang Rp 500 rb)
2.Desa Sumbarang mendapat 200 bidang (perbidang Rp.500 rb)
3.Dukuh Bangsa 125 bidang (perbidang Rp. 300 rb) dan
4.Padasari 125 bidang (perbidang Rp. 500 rb).

Sementara Kepala Desa Padasari, Ruslani yang juga merangkap sebagai Ketua Panitia, (28/2) yang ditemui di kantornya, mengatakan, penarikan sebesar lima ratus ribu sudah melalui musyawarah desa, kata Ruslani ringkas. Namun salah satu warga yang mendapat PRONA, berhasil ditemui, dengan jujur mengatakan, sebenarnya berat, namun gimana lagi, tapi saya tidak tau kalau PRONA GRATIS, kata salah satu warga yang minta dirahasiakan namanya, dengan jujur.

Atas pelaksanaan PRONA di Kecamatan Jatinegara tersebut, diminta pada pihak penegak hukum terkait di Kabupaten Tegal untuk turun ke lokasi, bagaimanapun juga pelaksanaan PRONA adalah program nasional, yang perlu dipantau dan berjalan sesuai dengan aturan yang ada. Semoga di Kabupaten Tegal umumnya, dan didesa pada khususnya yang mendapatkan PRONA tidak mengalami hal sama seperti kasus di Desa Labu Jambu, Kecamatan Tarano, Sumbawa yang berakhir di HOTEL PRODEO (Info: yang didapat di Kabupaten Tegal, untuk pelaksanaan Prona tahun 2011 mendapatkan 5000 bidang).
arusbawah.com adalah sarana komunikasi Rakyat untuk menyampaikan gagasan, fikiran, kritik, saran dan usul yang disampaikan secara terbuka sehingga langsung dapat mempengaruhi opini publik sekaligus dapat mempengaruhi para pengambil kebijakan. Kedaulatan ekonomi, politik dan kebudayaan adalah pilar yg utama guna membangun kemandirian bangsa Perubahan yang diharapkan adalah perubahan kearah yang lebih baik dan suatu perubahan bukan kita tunggu jatuh dari langit...Tapi harus digerakkan oleh tangan kita semua, karena nasib satu bangsa tidak akan pernah berobah, sebelum bangsa itu sendiri yg merobahnya...!!...Amin.. ARUS BAWAH.COM *LIHAT FAKTA BUKA WACANA*. DITERBITKAN OLEH :YAYASAN BAITUL MUAMALAH INDONESIA YBMI- Notaris H.SOEKRAWINATA.SH no 01 Tgl 03-02-1999 STTO SOSPOL. No 220/-16/BINUM/IV/1999 SKD-No 503/32-KEC/IV/1999-13 April 1999 STPS No 467/922/SPM-MJL SK PROP JABAR No.062/800/PRKS/2004 Anggota BKSLP5K No.087-11 Desmber 1999 TDP No. 10235606511 TDUP No. 00122/10-24/TDUP/V/1999 NPWP No. 1. 798. 717. 3. 426 BANK. BRI Abdul Patah Cikijing No.Rekening :1108-01-001830-50-8 a/n Tatang Sofyan Iskandar BANK BNI Cabang Pembantu Cikijing No.Rekening : 0201108064 a/n Tatang Sofyan Iskandar PENDIRI : TATANG SOFYAN ISKANDAR. PEMIMPIN PERUSAHAAN : AHMAD MUKHLIS. WAKIL PEMIMPIN PERUSAHAAN : ADITYA WARDHANI SOFIE PEMIMPIN UMUM/REDAKSI/PENJAB ; TATANG SOFYAN ISKANDAR WAKIL PEMIMPIN REDAKSI : TOTONG SUGIHARTO DEWAN REDAKSI : ANDRIE M AMk. DADAN. T. SUGIHARTO, A. BAHTIAR ADIWIJAYA TUBAGUS RIYADI HARYONO. KUSMAYADI BURHANUDIN.SH.KORDINATOR LIPUTAN NASIONAL : NANA HELIANA.TASIMPERMANA.YUDI NURYAMAN,ABDUL ROHMAN,SAFRUDIN, ERNA RATNA NINGSIH, EDI SUPRIYADI, IDUN HAMID,DANI HERMAWAN. KORDINATOR WILAYAH JAWA BARAT : DADAN,KORDINATOR LIPUTAN JAWA BARAT :WAWAN ASSESOSIAWAN ,KORDINATOR WILAYAH PRIANGAN TIMUR; AGUS HERMAWAN PUTRA BIRO CIREBON INDRAMAYU:NANASURYANA.BIROKUNINGAN :WAWAN GUNAWAN BIRO MAJALENGKA : DEDY HERNAWAN, ATOY , YAYAN MULYANA, KUSTOLANI BIRO CIAMIS:DEDI RUKHMAYADI ,HERYANTO, LEPI RAHMAT FAUZI, M.HASIM BIRO : TASIK,GARUT, SUMEDANG : TOTONG KORDINATOR WILAYAH JAWA TENGAH : NUR ASRIPUDIN KORDINATOR WILAYAH JAWA TIMUR : TUBAGUS RIYADI HARYONO. KORDINATOR WILAYAH BALI, NTB,NTT : I GUSTI PANJI MALELA KORDINATOR WILAYAH KALIMANTAN : NUR ISMAIL KORDINATOR WILAYAH SUMATERA : UJANG, KORNEL SIJABAT,JASPIS PANJAITAN. Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.untuk Reporter /wartawan media on line arusbawah.com dibekali dengan Tanda Pengenal dan surat tugas.
Bookmark and Share
SELAMAT DATANG DI MEDIA ONLINE ARUSBAWAH " LIHAT PAKTA BUKA WACANA TERIMA KASIH ANDA TELAH KUNJUNGI " KAMI KAMI SIAP MELAYANI ANDA " SEMOGA BERMANFAAT "
 

mol

Ekonomi

Serba-serbi

INTERNATIONAL

Politik

Berita Budaya

Hukum

METROPOLITAN

kosong

...

Budaya

HAM

hukum 2

PENDIDIKAN

kosong

.

Musik dan Olahraga

Sosial

POTO/VIDEO

SPORT

.

POLITIK

kosong

.

Serba-Serbi

Arus Bawah Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template Modifikasi: tatang sofyan iskandar: cfdarusbawah