. Arus Bawah: NAZARUDDIN DITETAPKAN TERSANGKA

Jumat, 01 Juli 2011

NAZARUDDIN DITETAPKAN TERSANGKA


Jum'at, 01 July 2011
Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akhirnya menetapkan mantan Bendahara Umum DPP Partai Demokrat (PD) Muhammad Nazaruddin, sebagai tersangka kasus dugaan korupsi pembangunan Wisma Atlet SEA Games.

Ketua KPK Busyro Muqoddas mengungkapkan, penetapan tersangka terhadap anggota Komisi VII DPR tersebut setelah melalui penelaahan dan pendalaman berbagai barang bukti yang berhasil dikumpulkan KPK.“Hari ini (kemarin), ya statusnya (Nazaruddin) dinaikkan menjadi tersangka,” tegas Busyro di Yogyakarta kemarin.


Saat ini,jelasnya,pimpinan KPK sedang merumuskan cara untuk memulangkan Nazaruddin dari Singapura.Busyro berharap ada upaya dari pemerintah untuk membantu pemulangan Nazaruddin dari Singapura. Diharapkan, ujarnya, pemerintah dapat memfasilitasi pemulangan melalui pembicaraan antarnegara (G to G) dengan pemerintah Singapura.


Meski demikian, Busyro mengaku belum berkonsultasi dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengenai formulasi pemulangan Nazaruddin tersebut.“Berbicara dengan presiden belum kita lakukan. Namun kalau sudah ada G to G,nanti hubungannya lebih mudah.Tinggal polisi di sini dan di sana saja yang memulangkan,” jelasnya.


Lebih lanjut, Busyro mengimbau Nazaruddin untuk proaktif dengan kembali ke Indonesia. Persoalan benar atau tidak perkara yang saat ini didakwakan kepadanya, menurut mantan Ketua Komisi Yudisial (KY) ini, hanya dapat diketahui dari proses persidangan.


“Namun, saya juga berharap bisa dilakukan dengan cara yang baik. Dia (Nazaruddin) memiliki anak yang masih muda,bisnis yang banyak.Jadi, sisi kebapakannya harusnya muncul,”ujarnya. Wakil Ketua KPK Bibit Samad Riyanto menjelaskan, penetapan tersangka Nazaruddin diberlakukan sejak Kamis (30/6).


Nazaruddin disangkakan melanggar pasal penyuapan, pasal gratifikasi,dan pasal penerimaan hadiah oleh penyelenggara negara, sebagaimana diatur dalam Pasal 5 Ayat 2 dan atau Pasal 12 huruf a dan b dan atau Pasal 11 UU/31/1999 sebagaimana telah diubah dengan UU No 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.


“KPK menetapkan MN, anggota DPR 2009–2014 sebagai tersangka.Dia disangkakan Pasal 5 ayat 2 dan atau Pasal 12 a dan b dan atau Pasal 11 UU Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi,” jelas Bibit di Kantor KPK Jakarta kemarin. KPK menggunakan beberapa pasal alternatif untuk menetapkan Nazaruddin sebagai tersangka, antara lain pasal 12 huruf a dan b yang mengatur ancaman pidana bagi pegawai negeri yang menerima suap.


Berdasarkan pasal ini, Nazaruddin dapat dipidana dengan hukuman penjara minimal empat tahun dan maksimal 20 tahun.Anggota Komisi VII DPR tersebut juga terancam dijatuhi pidana denda paling banyak Rp1 miliar. Kemudian pasal 12 huruf a dan b juga mengatur tentang penerimaan suap, sedangkan pasal 11 mengatur tentang penerimaan hadiah yang berhubungan dengan jabatannya.


Pelanggaran kedua pasal ini terancam dipidana penjara paling lama lima tahun serta denda paling banyak Rp250 juta. Bibit mengaku belum mau berbicara banyak terkait penetapan Nazaruddin ini. Dia juga belum bersedia menjelaskan mengenai modus dugaan korupsi yang dilakukan suami Neneng Sri Wahyuni itu dengan alasan demi kelancaran penyidikan.


Dia juga merahasiakan keberadaan Nazaruddin dengan dalih untuk kepentingan penyidikan. “Perlu kami sampaikan, tidak semua harus diinformasikan ke media karena nanti orangnya kabur, ini untuk kepentingan penyidikan. Kita tidak mengungkap itu dulu.Teknik penyidikan tidak akan kita sampaikan dulu,” paparnya.


Bibit mengatakan bahwa penetapan tersangka terhadap Nazaruddin saat yang bersangkutan berada di luar negeri dilakukan bukan tanpa dasar. “Harus diingat, kami tidak akan menetapkan orang tanpa dasar. Soal yang bersangkutan di dalam atau di luar negeri itu tidak masalah. Sudah ada proses penyidikan sebelumnya,”jelasnya.


Ketua Departemen Bidang Advokasi dan Bantuan Hukum DPP Partai Demokrat Denny Kailimang menegaskan,partainya akan memberikan bantuan hukum bagi Nazaruddin. Menurut dia,Partai Demokrat senantiasa menyediakan bantuan hukum dan membantu kader yang tersangkut masalah hukum.


“Kami tegaskan partai akan melakukan pembelaan terhadap Nazaruddin. Semuanya tergantung yang bersangkutan, dipakai silakan, jika tidak ya tidak masalah,” tegas Denny di Jakarta kemarin. Denny juga meminta Nazaruddin agar segera kembali ke Tanah Air untuk memberikan klarifikasi.


“Nazaruddin pernah berjanji taati proses hukum.Jadi, alangkah baiknya Nazaruddin kembali untuk memberikan klarifikasi terhadap tuduhan yang ada selama ini. Biar semuanya clear, ”tandasnya. ( Tubagus ).
arusbawah.com adalah sarana komunikasi Rakyat untuk menyampaikan gagasan, fikiran, kritik, saran dan usul yang disampaikan secara terbuka sehingga langsung dapat mempengaruhi opini publik sekaligus dapat mempengaruhi para pengambil kebijakan. Kedaulatan ekonomi, politik dan kebudayaan adalah pilar yg utama guna membangun kemandirian bangsa Perubahan yang diharapkan adalah perubahan kearah yang lebih baik dan suatu perubahan bukan kita tunggu jatuh dari langit...Tapi harus digerakkan oleh tangan kita semua, karena nasib satu bangsa tidak akan pernah berobah, sebelum bangsa itu sendiri yg merobahnya...!!...Amin.. ARUS BAWAH.COM *LIHAT FAKTA BUKA WACANA*. DITERBITKAN OLEH :YAYASAN BAITUL MUAMALAH INDONESIA YBMI- Notaris H.SOEKRAWINATA.SH no 01 Tgl 03-02-1999 STTO SOSPOL. No 220/-16/BINUM/IV/1999 SKD-No 503/32-KEC/IV/1999-13 April 1999 STPS No 467/922/SPM-MJL SK PROP JABAR No.062/800/PRKS/2004 Anggota BKSLP5K No.087-11 Desmber 1999 TDP No. 10235606511 TDUP No. 00122/10-24/TDUP/V/1999 NPWP No. 1. 798. 717. 3. 426 BANK. BRI Abdul Patah Cikijing No.Rekening :1108-01-001830-50-8 a/n Tatang Sofyan Iskandar BANK BNI Cabang Pembantu Cikijing No.Rekening : 0201108064 a/n Tatang Sofyan Iskandar PENDIRI : TATANG SOFYAN ISKANDAR. PEMIMPIN PERUSAHAAN : AHMAD MUKHLIS. WAKIL PEMIMPIN PERUSAHAAN : ADITYA WARDHANI SOFIE PEMIMPIN UMUM/REDAKSI/PENJAB ; TATANG SOFYAN ISKANDAR WAKIL PEMIMPIN REDAKSI : TOTONG SUGIHARTO DEWAN REDAKSI : ANDRIE M AMk. DADAN. T. SUGIHARTO, A. BAHTIAR ADIWIJAYA TUBAGUS RIYADI HARYONO. KUSMAYADI BURHANUDIN.SH.KORDINATOR LIPUTAN NASIONAL : NANA HELIANA.TASIMPERMANA.YUDI NURYAMAN,ABDUL ROHMAN,SAFRUDIN, ERNA RATNA NINGSIH, EDI SUPRIYADI, IDUN HAMID,DANI HERMAWAN. KORDINATOR WILAYAH JAWA BARAT : DADAN,KORDINATOR LIPUTAN JAWA BARAT :WAWAN ASSESOSIAWAN ,KORDINATOR WILAYAH PRIANGAN TIMUR; AGUS HERMAWAN PUTRA BIRO CIREBON INDRAMAYU:NANASURYANA.BIROKUNINGAN :WAWAN GUNAWAN BIRO MAJALENGKA : DEDY HERNAWAN, ATOY , YAYAN MULYANA, KUSTOLANI BIRO CIAMIS:DEDI RUKHMAYADI ,HERYANTO, LEPI RAHMAT FAUZI, M.HASIM BIRO : TASIK,GARUT, SUMEDANG : TOTONG KORDINATOR WILAYAH JAWA TENGAH : NUR ASRIPUDIN KORDINATOR WILAYAH JAWA TIMUR : TUBAGUS RIYADI HARYONO. KORDINATOR WILAYAH BALI, NTB,NTT : I GUSTI PANJI MALELA KORDINATOR WILAYAH KALIMANTAN : NUR ISMAIL KORDINATOR WILAYAH SUMATERA : UJANG, KORNEL SIJABAT,JASPIS PANJAITAN. Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.untuk Reporter /wartawan media on line arusbawah.com dibekali dengan Tanda Pengenal dan surat tugas.
Bookmark and Share
SELAMAT DATANG DI MEDIA ONLINE ARUSBAWAH " LIHAT PAKTA BUKA WACANA TERIMA KASIH ANDA TELAH KUNJUNGI " KAMI KAMI SIAP MELAYANI ANDA " SEMOGA BERMANFAAT "
 

mol

Ekonomi

Serba-serbi

INTERNATIONAL

Politik

Berita Budaya

Hukum

METROPOLITAN

kosong

...

Budaya

HAM

hukum 2

PENDIDIKAN

kosong

.

Musik dan Olahraga

Sosial

POTO/VIDEO

SPORT

.

POLITIK

kosong

.

Serba-Serbi

Arus Bawah Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template Modifikasi: tatang sofyan iskandar: cfdarusbawah