. Arus Bawah: PARADIGMA INSPEKTORAT KABUPATEN MAJALENGKA 2011

Minggu, 15 Mei 2011

PARADIGMA INSPEKTORAT KABUPATEN MAJALENGKA 2011

Majalengka. Perubahan paradigma penyelenggaraan pemerintahan sekarang ini adalah bagaimana pemerintah dapat memberikan pelayanan kepada publik secara baik (good services) dan keberhasilan aspek pelayanan ini dapat diukur salah satunya dengan tingkat kepuasan masyarakat yang diberikan oleh pemerintah. Peningkatan kualitas pelayanan masyarakat ini merupakan bagian dari penyelenggaraan pemerintahan yang baik (Good Governance) yang harus diaplikasikan disetiap sektor publik. Kenyataan sekarang pelayanan publik masih perlu banyak perbaikan dan pembenahan. Adanya prosedur yang berbelit-belit, kurang transparan, adanya pungli, bahkan mental SDM aparatur selalu menjadi sorotan oleh masyarakat. Apalagi untuk mengurus perijinan-perijinan selalu membuat persepsi yang kurang baik dimata masyarakat, dikarenakan tingginya tarif yang dikenakan dan penyelesaian perijinan yang terlalu lama.


Dengan adanya otonomi daerah dan Peraturan Pemerintah Nomor 79 Tahun 2005 tentang Pemberdayaan Badan Pengawas/Inspektorat membuat peranan Inspektorat Daerah menjadi cukup sentral dalam mewujudkan Good Governance and Clean Government. Sejak otonomi daerah diberlakukan sampai dengan saat ini peranan Inspektorat Daerah selaku pengawas internal bagi masing-masing pemerintahan daerah pada umumnya dan Pemerintahan Daerah Kabupaten Majalengka pada khususnya cukup vital. Posisi instansi ini ditempatkan sebagai pengawas internal yang mampu menciptakan pemerintahan yang tertib dari sisi administrasi dan mengendalikan adanya kebocoran penggunaan dana masyarakat yang tertuang dalam APBD Kabupaten Majalengka.


berdasar hasil konfirmasi dari beberapa PNS dengan tidak ingin disebutkan namanya yang berada di lingkungan Pemerintah Kabupaten Majalengka menurutnya diketahui bahwa posisi Inspektorat masih merupakan suatu instansi yang kurang berpungsi sehingga membuat oknum-oknum baik instansi teknis maupun non teknis menjadi leluasa karena longgarnya pengawasan pihak inspektorat sendiri. masih katanya seharusnya penegakan penegakan hukum terhadap pelaku korupsi terutama dari dana yang bersumber dari APBD maupun APBN semakin gencar tidak jalan di tempat,



menurut sumber yang lain menyatakan Tak dapat dipungkiri bahwa akibat lemahnya pengendalian dan pengawasan internal, maka tingkat kebocoran penggunaan dana yang bersumber dari APBD dan APBN cukup besar. Sehingga membuat masyarakat nyaris tidak percaya terhadap pemerintahnya. Coba aja bayangkan apa yang terjadi apabila dalam suatu pemerintahan ternyata masyarakatnya tidak percaya terhadap pemerintahnya?

Keberhasilan pembangunan yang dilakukan dengan dana yang bersumber dari masyarakat hanya akan dapat diperoleh apabila terdapat kerja sama yang baik antara pemerintah dan masyarakatnya. Pelaksanaan pembangunan akan tidak pernah mencapai manfaatnya apabila kedua elemen tersebut tidak dapat bekerja sama dengan baik. Disinilah peran Inspektorat Daerah yang cukup vital tersebut.

Pengawasan yang dilakukan pun harus diubah dari pola post audit menjadi current audit. Dengan demikian peranan Inspektorat Daerah akan berubah layaknya instansi yang melakukan konsultansi selama pelaksanaan penggunaan dan pemanfaatan anggaran. Nah dengan demikian, maka Inspektorat Daerah pun harus didukung dengan personalia dengan kemampuan yang cukup mumpuni pula. Semua itu tergantung kebijakan pimpinan dalam menempatkan staf di lingkungannya. ( tatang. si. )
arusbawah.com adalah sarana komunikasi Rakyat untuk menyampaikan gagasan, fikiran, kritik, saran dan usul yang disampaikan secara terbuka sehingga langsung dapat mempengaruhi opini publik sekaligus dapat mempengaruhi para pengambil kebijakan. Kedaulatan ekonomi, politik dan kebudayaan adalah pilar yg utama guna membangun kemandirian bangsa Perubahan yang diharapkan adalah perubahan kearah yang lebih baik dan suatu perubahan bukan kita tunggu jatuh dari langit...Tapi harus digerakkan oleh tangan kita semua, karena nasib satu bangsa tidak akan pernah berobah, sebelum bangsa itu sendiri yg merobahnya...!!...Amin.. ARUS BAWAH.COM *LIHAT FAKTA BUKA WACANA*. DITERBITKAN OLEH :YAYASAN BAITUL MUAMALAH INDONESIA YBMI- Notaris H.SOEKRAWINATA.SH no 01 Tgl 03-02-1999 STTO SOSPOL. No 220/-16/BINUM/IV/1999 SKD-No 503/32-KEC/IV/1999-13 April 1999 STPS No 467/922/SPM-MJL SK PROP JABAR No.062/800/PRKS/2004 Anggota BKSLP5K No.087-11 Desmber 1999 TDP No. 10235606511 TDUP No. 00122/10-24/TDUP/V/1999 NPWP No. 1. 798. 717. 3. 426 BANK. BRI Abdul Patah Cikijing No.Rekening :1108-01-001830-50-8 a/n Tatang Sofyan Iskandar BANK BNI Cabang Pembantu Cikijing No.Rekening : 0201108064 a/n Tatang Sofyan Iskandar PENDIRI : TATANG SOFYAN ISKANDAR. PEMIMPIN PERUSAHAAN : AHMAD MUKHLIS. WAKIL PEMIMPIN PERUSAHAAN : ADITYA WARDHANI SOFIE PEMIMPIN UMUM/REDAKSI/PENJAB ; TATANG SOFYAN ISKANDAR WAKIL PEMIMPIN REDAKSI : TOTONG SUGIHARTO DEWAN REDAKSI : ANDRIE M AMk. DADAN. T. SUGIHARTO, A. BAHTIAR ADIWIJAYA TUBAGUS RIYADI HARYONO. KUSMAYADI BURHANUDIN.SH.KORDINATOR LIPUTAN NASIONAL : NANA HELIANA.TASIMPERMANA.YUDI NURYAMAN,ABDUL ROHMAN,SAFRUDIN, ERNA RATNA NINGSIH, EDI SUPRIYADI, IDUN HAMID,DANI HERMAWAN. KORDINATOR WILAYAH JAWA BARAT : DADAN,KORDINATOR LIPUTAN JAWA BARAT :WAWAN ASSESOSIAWAN ,KORDINATOR WILAYAH PRIANGAN TIMUR; AGUS HERMAWAN PUTRA BIRO CIREBON INDRAMAYU:NANASURYANA.BIROKUNINGAN :WAWAN GUNAWAN BIRO MAJALENGKA : DEDY HERNAWAN, ATOY , YAYAN MULYANA, KUSTOLANI BIRO CIAMIS:DEDI RUKHMAYADI ,HERYANTO, LEPI RAHMAT FAUZI, M.HASIM BIRO : TASIK,GARUT, SUMEDANG : TOTONG KORDINATOR WILAYAH JAWA TENGAH : NUR ASRIPUDIN KORDINATOR WILAYAH JAWA TIMUR : TUBAGUS RIYADI HARYONO. KORDINATOR WILAYAH BALI, NTB,NTT : I GUSTI PANJI MALELA KORDINATOR WILAYAH KALIMANTAN : NUR ISMAIL KORDINATOR WILAYAH SUMATERA : UJANG, KORNEL SIJABAT,JASPIS PANJAITAN. Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.untuk Reporter /wartawan media on line arusbawah.com dibekali dengan Tanda Pengenal dan surat tugas.
Bookmark and Share
SELAMAT DATANG DI MEDIA ONLINE ARUSBAWAH " LIHAT PAKTA BUKA WACANA TERIMA KASIH ANDA TELAH KUNJUNGI " KAMI KAMI SIAP MELAYANI ANDA " SEMOGA BERMANFAAT "
 

mol

Ekonomi

Serba-serbi

INTERNATIONAL

Politik

Berita Budaya

Hukum

METROPOLITAN

kosong

...

Budaya

HAM

hukum 2

PENDIDIKAN

kosong

.

Musik dan Olahraga

Sosial

POTO/VIDEO

SPORT

.

POLITIK

kosong

.

Serba-Serbi

Arus Bawah Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template Modifikasi: tatang sofyan iskandar: cfdarusbawah