. Arus Bawah: Sukses di Usia Muda

Jumat, 15 April 2011

Sukses di Usia Muda

Jika ingin menjadi pribadi sukses, maka salah satu faktor yang sangat penting adalah mau mengambil pelajaran berharga (lesson learned) dari orang lain.


Saya benar-benar tercenung dan terseret dalam perasaan gembira ketika membaca buku anggitan Muhammad Assad ini. Sebab, di saat begitu banyak anak muda yang pesimistis menatap pendidikan Indonesia karena biaya yang terlampau mahal,buku ini hadir memberikan oase optimisme. Buku ini menyuguhkan kisah putra terbaik Indonesia yang, barangkali, bisa menjadi motivasi sekaligus amunisi bagi kita untuk senantiasa bergerak maju dan berkembang dalam menyusuri arah retak tangan masa depan.

Sebagaimana jamak kita ketahui, salah satu faktor kesuksesan adalah mau mengambil pelajaran berharga (lesson learned) dari orang lain. Notes From Qatar: Positive, Persistence and Pray merupakan contoh apik bagi pemuda Indonesia yang ingin sukses di usia muda. Buku ini menceritakan perjalanan Muhammad Assad, anak muda berusia 23 tahun yang mendapatkan beasiswa S1 di Petronas University of Technology, Malaysia. Assad bisa dibilang sebagai anak muda yang selalu beruntung.

Betapa tidak.Setelah lulus dari Negeri Jiran, ia segera angkat koper menuju Qatar Faculty of Islamic Studies, melanjutkan S2 di bidang Islamic Finance (ekonomi syariah).Assad mendapat beasiswa dari Qatar Foundation di Doda,Qatar. Assad juga pernah mendapatkan tiga penghargaan sekaligus, yakni Rector’s Gold Award, The Best International Student Award, dan Chancellor Award, sebuah penghargaan tertinggi dari Universitas yang langsung diberikan oleh mantan Perdana Menteri Malaysia Tun Dr Mahathir Muhammad.

Di Malaysia, pada Program Business Information Systems, Assad menjadi lulusan terbaik dengan predikat cumlaude. Buku ini bukan maksud untuk bersombong-sombong ria. Tetapi, melalui catatan pribadinya ini, Assad ingin berbagi kepada khalayak muda Indonesia tentang sebuah mimpi dan cita-cita. Bagi Assad, mimpi dan cita-cita itu harus dibela dan diperjuangkan.Seperti pemuda lainnya,Assad memang terlihat agak “narsistis” sekaligus “lebay”.

Misalnya ingin jadi orang kaya, populer, berprestasi, banyak teman, selalu ingin di depan,dan sebagainya. Meski demikian, ia begitu piawai menggali hikmah dari tiap jengkal perjalanan hidupnya. Ia mampu membagi pengalaman barunya dengan mengaitkan ajaran Islam. Salah satu kisah menggelitik yang dituturkan adalah ihwal dahsyatnya sedekah (halaman 20).Berbicara sedekah, Assad selalu mengaitkannya dengan QS Surat An’am ayat 60.

Substansi ayat ini menjelaskan tentang orang yang bersedekah akan mendapatkan balasan 10 kali lebih.Keyakinan ini senantiasa Assad praktikkan dalam kehidupan sehari-hari. Seperti hendak nonton pertandingan persahabatan kesebelasan Brasil melawan Inggris. Dengan pancingan 50 riyal,Assad bisa mendapatkan kursi VVIP seharga 700 riyal. Atau ketika kembali dalam perjalanan ke Jakarta,Assad yang sedari awal mengikuti penerbangan dengan kelas ekonomi seharga Rp8 juta tiba-tiba dipindah ke kelas bisnis senilai Rp18 juta.

Uniknya, dengan bermodal sedekah, kehidupan Assad seolah selalu mujur dan beruntung. Sedekah pun menjadi jurus baginya untuk meraih kesuksesan. Buku ini sangat inspiratif! Assad mampu bertutur dengan sangat mengalir dan sesuai dengan selera anak muda. Hampir di setiap bagian,penulis mengutip ayat Alquran dan hadis. Yang menarik, kutipan tersebut disuguhkan dengan gaya khas anak muda, jadi terkesan tidak menggurui. Jika dicerna lebih mendalam,Assad dalam buku ini ingin mengajak segenap generasi muda Indonesia supaya tidak takut mengejar cita-cita.

Ajakan Assad ini barangkali akan segera mengingatkan kita pada buku berjudul Young on Top: 30 Rahasia Sukses di Usia Muda karya Billy Boen. Secara substansi, kedua buku ini memiliki kesamaan, yakni sama-sama menyemarakkan pentingnya sukses di usia muda dengan tiga jurus utama. Pertama, membangun motivasi, keyakinan dan optimisme dalam menjalani hidup.

Kedua, senantiasa mengembangkan diri untuk menguasai secara detail bidang pekerjaan yang digeluti dan memiliki spesifikasi dalam mendalami bidang tertentu.Ketiga,bersikap tidak mau berpuas diri dalam menggali ilmu pengetahuan dan informasi,selalu mengeksplorasi dan mengelaborasi kemampuan, serta tetap rendah hati dan bijaksana.

Oleh karena itu, sebagaimana dikatakan Prof Dr Din Syamsuddin, buku ini penting untuk dijadikan inspirasi guna meraih kesuksesan,khususnya oleh generasi muda bangsa Indonesia. Atau sebagaimana kilah mantan Wakil Presiden RI Jusuf Kala dalam pengantarnya, buku ini dapat membangkitkan semangat juang generasi muda Indonesia untuk mencapai cita-cita dalam membangun negeri ini ke arah yang lebih baik.●

Ali Rif’an,
Ketua Umum Forum Lingkar Pena (FLP)
Ciputat dan Peneliti The Dewantara Institute,Jakarta.
arusbawah.com adalah sarana komunikasi Rakyat untuk menyampaikan gagasan, fikiran, kritik, saran dan usul yang disampaikan secara terbuka sehingga langsung dapat mempengaruhi opini publik sekaligus dapat mempengaruhi para pengambil kebijakan. Kedaulatan ekonomi, politik dan kebudayaan adalah pilar yg utama guna membangun kemandirian bangsa Perubahan yang diharapkan adalah perubahan kearah yang lebih baik dan suatu perubahan bukan kita tunggu jatuh dari langit...Tapi harus digerakkan oleh tangan kita semua, karena nasib satu bangsa tidak akan pernah berobah, sebelum bangsa itu sendiri yg merobahnya...!!...Amin.. ARUS BAWAH.COM *LIHAT FAKTA BUKA WACANA*. DITERBITKAN OLEH :YAYASAN BAITUL MUAMALAH INDONESIA YBMI- Notaris H.SOEKRAWINATA.SH no 01 Tgl 03-02-1999 STTO SOSPOL. No 220/-16/BINUM/IV/1999 SKD-No 503/32-KEC/IV/1999-13 April 1999 STPS No 467/922/SPM-MJL SK PROP JABAR No.062/800/PRKS/2004 Anggota BKSLP5K No.087-11 Desmber 1999 TDP No. 10235606511 TDUP No. 00122/10-24/TDUP/V/1999 NPWP No. 1. 798. 717. 3. 426 BANK. BRI Abdul Patah Cikijing No.Rekening :1108-01-001830-50-8 a/n Tatang Sofyan Iskandar BANK BNI Cabang Pembantu Cikijing No.Rekening : 0201108064 a/n Tatang Sofyan Iskandar PENDIRI : TATANG SOFYAN ISKANDAR. PEMIMPIN PERUSAHAAN : AHMAD MUKHLIS. WAKIL PEMIMPIN PERUSAHAAN : ADITYA WARDHANI SOFIE PEMIMPIN UMUM/REDAKSI/PENJAB ; TATANG SOFYAN ISKANDAR WAKIL PEMIMPIN REDAKSI : TOTONG SUGIHARTO DEWAN REDAKSI : ANDRIE M AMk. DADAN. T. SUGIHARTO, A. BAHTIAR ADIWIJAYA TUBAGUS RIYADI HARYONO. KUSMAYADI BURHANUDIN.SH.KORDINATOR LIPUTAN NASIONAL : NANA HELIANA.TASIMPERMANA.YUDI NURYAMAN,ABDUL ROHMAN,SAFRUDIN, ERNA RATNA NINGSIH, EDI SUPRIYADI, IDUN HAMID,DANI HERMAWAN. KORDINATOR WILAYAH JAWA BARAT : DADAN,KORDINATOR LIPUTAN JAWA BARAT :WAWAN ASSESOSIAWAN ,KORDINATOR WILAYAH PRIANGAN TIMUR; AGUS HERMAWAN PUTRA BIRO CIREBON INDRAMAYU:NANASURYANA.BIROKUNINGAN :WAWAN GUNAWAN BIRO MAJALENGKA : DEDY HERNAWAN, ATOY , YAYAN MULYANA, KUSTOLANI BIRO CIAMIS:DEDI RUKHMAYADI ,HERYANTO, LEPI RAHMAT FAUZI, M.HASIM BIRO : TASIK,GARUT, SUMEDANG : TOTONG KORDINATOR WILAYAH JAWA TENGAH : NUR ASRIPUDIN KORDINATOR WILAYAH JAWA TIMUR : TUBAGUS RIYADI HARYONO. KORDINATOR WILAYAH BALI, NTB,NTT : I GUSTI PANJI MALELA KORDINATOR WILAYAH KALIMANTAN : NUR ISMAIL KORDINATOR WILAYAH SUMATERA : UJANG, KORNEL SIJABAT,JASPIS PANJAITAN. Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.untuk Reporter /wartawan media on line arusbawah.com dibekali dengan Tanda Pengenal dan surat tugas.
Bookmark and Share
SELAMAT DATANG DI MEDIA ONLINE ARUSBAWAH " LIHAT PAKTA BUKA WACANA TERIMA KASIH ANDA TELAH KUNJUNGI " KAMI KAMI SIAP MELAYANI ANDA " SEMOGA BERMANFAAT "
 

mol

Ekonomi

Serba-serbi

INTERNATIONAL

Politik

Berita Budaya

Hukum

METROPOLITAN

kosong

...

Budaya

HAM

hukum 2

PENDIDIKAN

kosong

.

Musik dan Olahraga

Sosial

POTO/VIDEO

SPORT

.

POLITIK

kosong

.

Serba-Serbi

Arus Bawah Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template Modifikasi: tatang sofyan iskandar: cfdarusbawah