. Arus Bawah: LKPJ Bupati Majalengka H.Sutrisno Dibrondong Catatan

Rabu, 13 April 2011

LKPJ Bupati Majalengka H.Sutrisno Dibrondong Catatan

Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Bupati Majalengka Sutrisno terhadap pelaksanaan APBD 2010 dibrondong beberapa catatan. Dari catatan tersebut adalah salah satunya menyoroti kebijakan Pemkab Majalengka terkait masalah kemiskinan. Bupati Sutrisno dinilai gagal dalam mengentaskan angka kemiskinan sementara klaimnya bahwa angka kemiskinan mengalami penurunan. Gagalnya strategi pengentasan kemiskinan, karena belum dimilikinya kajian tentang peta kemiskinan dan struktur kemiskinan yang seyogyanya menjadi rujukan dalam program pengentasan kemiskinan di Kabupaten Majalengka.Demikian seperti dirangkum dari catatan pandangan umum Fraksi PPP dalam rapat paripurna, Selasa (5/4/2011).
Dalam catatannya, Fraksi PPP menyatakan prihatin dengan capaian pengentasan kemiskinan yang hanya mencapai 16,75 persen dari target dalam RPJMD 12,93 persen. Padahal anggaran yang digunakan untuk pengentasan kemiskinan selama tahun anggaran 2010 mencapai Rp296.835 miliar.
Dengan anggaran sebesar Rp296.835.miliar tersebut Pemerintah Kabupaten Majalengka hanya mampu mengentaskan kemiskinan sebanyak 11.800 jiwa dari target dalam RPJMD sebanyak 56.325 jiwa yang harus dientaskan. Dengan demikian, pengentasan kemiskinan belum berhasil.
Catatan lainnya dari Fraksi PPP adalah terkait pelayanan kesehatan yang merupakan pelayanan dasar yang paling besar dampaknya pada masyarakat, sehingga peningkatan indek kesehatan yang hanya 0,5 poin dan penyerapan anggaran yang hanya mencapai 87,46% hal ini menunjukkan lemahnya kinerja dalam penanganan kesehatan masyarakat. Sementara itu dalam RPKMD 2010 indeks kesehatan ditargetkan naik 4,4 point.
Dari data tersebut, Fraksi PPP menegaskan bahwa pola hidup bersih dan sehat belum menjadi prilaku keseharian masyarakat. Oleh karena itu, Bupati diharapkan segera melakukan evaluasi secara menyeluruh terhadap kinerja aparatur Kesehatan.
Sementara itu Fraksi PKS dalam catatan pandangan umumnya menyoroti, anggaran sebesar Rp298.835 miliar untuk penanggulangan kemiskinan yang hanya mampu menurunkan angka kemiskinan 16,75 persen dan tidak mencapai target RPJMD tersebut memberikan gambaran tidak efektif dan efisiennya anggaran yang diserap.
Keluaran kegiatan dalam pengentasan kemiskinan tidak menampilkan dan menjelaskan fakta-fakta hasil kinerja pemerintahan terkait program yang digulirkan. "Hanya sebatas terlaksananya kegiatan, belum seutuhnya memiliki targetan yang jelas sebagaimana dituangkan dalam RPJMD, " tegas Aef Saefudin juru bicara Fraksi PKS.
Selanjutnya, Fraksi PKB menilai kinerja Bupati Majalengka tahun 2010 masih lemah. Pasalnya dari 7 (tujuh) komponen dalam indikator makro sosial ekonomi baru dapat tercapai 3 (tiga) komponen. Sedangkan 4 (empat) komponen lainnya walaupun terdapat peningkatan di banding tahun 2009 tetapi belum mencapai target sesuai dengan amanat RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) Kabupaten Majalengka.
"Ada 4 (empat) komponen dalam indikator makro yang belum tercapai, yaitu Indeks Pembangunan Manusia (IPM), Laju Pertumbuhan Ekonomi (LPE), Pendapatan Domestik Regional Bruto (PDRB) dan tingkat kemiskinan yang masih tinggi. Untuk Itu Fraksi PKB menilai kinerja Bupati selama tahun 2010 masih lemah", ujar juru Bicara Fraksi PKB, Aan Subarnas.
Indikator Makro yang dituangkan dalam RPJMD, lanjut Aan Subarnas, merupakan amanat yang harus dicapai oleh Bupati. Keberhasilan dan kegagalan pembangunan terukur dari pencapaian ketujuh komponen indikator makro tersebut. Untuk itu perlu upaya yang maksimal dan perhatian khusus dari Bupati Majalengka terhadap pencapaian indikator makro tersebut pada tahun 2011. Terutama pada tiga sektor yang dinilai masih lemah, yaitu sektor ekonomi, kesehatan dan pendidikan.
Fraksi PKB menyoroti rendahnya kualitas pekerjaan pembangunan infrastruktur di Kabupaten Majalengka. Fraksi PKB mencontohkan pembangunan jalan Cigasong-jatiwangi, Jatiwangi-Ligung, Baribis-Kasokandel, Rajagaluh-Prapatan dan Prapatan-Budur. Menurut Fraksi PKB, Pembangunan jalan tersebut saat ini sudah banyak yang rusak, padahal baru dibangun beberapa bulan yang lalu.

"Untuk itu, perlu ada tindakan dan sikap tegas dari Pemerintah Daerah terhadap para rekanan yang dalam mengerjakan kegiatannya tidak sesuai dengan bestek dan tidak tepat waktu," kata Aan.
arusbawah.com adalah sarana komunikasi Rakyat untuk menyampaikan gagasan, fikiran, kritik, saran dan usul yang disampaikan secara terbuka sehingga langsung dapat mempengaruhi opini publik sekaligus dapat mempengaruhi para pengambil kebijakan. Kedaulatan ekonomi, politik dan kebudayaan adalah pilar yg utama guna membangun kemandirian bangsa Perubahan yang diharapkan adalah perubahan kearah yang lebih baik dan suatu perubahan bukan kita tunggu jatuh dari langit...Tapi harus digerakkan oleh tangan kita semua, karena nasib satu bangsa tidak akan pernah berobah, sebelum bangsa itu sendiri yg merobahnya...!!...Amin.. ARUS BAWAH.COM *LIHAT FAKTA BUKA WACANA*. DITERBITKAN OLEH :YAYASAN BAITUL MUAMALAH INDONESIA YBMI- Notaris H.SOEKRAWINATA.SH no 01 Tgl 03-02-1999 STTO SOSPOL. No 220/-16/BINUM/IV/1999 SKD-No 503/32-KEC/IV/1999-13 April 1999 STPS No 467/922/SPM-MJL SK PROP JABAR No.062/800/PRKS/2004 Anggota BKSLP5K No.087-11 Desmber 1999 TDP No. 10235606511 TDUP No. 00122/10-24/TDUP/V/1999 NPWP No. 1. 798. 717. 3. 426 BANK. BRI Abdul Patah Cikijing No.Rekening :1108-01-001830-50-8 a/n Tatang Sofyan Iskandar BANK BNI Cabang Pembantu Cikijing No.Rekening : 0201108064 a/n Tatang Sofyan Iskandar PENDIRI : TATANG SOFYAN ISKANDAR. PEMIMPIN PERUSAHAAN : AHMAD MUKHLIS. WAKIL PEMIMPIN PERUSAHAAN : ADITYA WARDHANI SOFIE PEMIMPIN UMUM/REDAKSI/PENJAB ; TATANG SOFYAN ISKANDAR WAKIL PEMIMPIN REDAKSI : TOTONG SUGIHARTO DEWAN REDAKSI : ANDRIE M AMk. DADAN. T. SUGIHARTO, A. BAHTIAR ADIWIJAYA TUBAGUS RIYADI HARYONO. KUSMAYADI BURHANUDIN.SH.KORDINATOR LIPUTAN NASIONAL : NANA HELIANA.TASIMPERMANA.YUDI NURYAMAN,ABDUL ROHMAN,SAFRUDIN, ERNA RATNA NINGSIH, EDI SUPRIYADI, IDUN HAMID,DANI HERMAWAN. KORDINATOR WILAYAH JAWA BARAT : DADAN,KORDINATOR LIPUTAN JAWA BARAT :WAWAN ASSESOSIAWAN ,KORDINATOR WILAYAH PRIANGAN TIMUR; AGUS HERMAWAN PUTRA BIRO CIREBON INDRAMAYU:NANASURYANA.BIROKUNINGAN :WAWAN GUNAWAN BIRO MAJALENGKA : DEDY HERNAWAN, ATOY , YAYAN MULYANA, KUSTOLANI BIRO CIAMIS:DEDI RUKHMAYADI ,HERYANTO, LEPI RAHMAT FAUZI, M.HASIM BIRO : TASIK,GARUT, SUMEDANG : TOTONG KORDINATOR WILAYAH JAWA TENGAH : NUR ASRIPUDIN KORDINATOR WILAYAH JAWA TIMUR : TUBAGUS RIYADI HARYONO. KORDINATOR WILAYAH BALI, NTB,NTT : I GUSTI PANJI MALELA KORDINATOR WILAYAH KALIMANTAN : NUR ISMAIL KORDINATOR WILAYAH SUMATERA : UJANG, KORNEL SIJABAT,JASPIS PANJAITAN. Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.untuk Reporter /wartawan media on line arusbawah.com dibekali dengan Tanda Pengenal dan surat tugas.
Bookmark and Share
SELAMAT DATANG DI MEDIA ONLINE ARUSBAWAH " LIHAT PAKTA BUKA WACANA TERIMA KASIH ANDA TELAH KUNJUNGI " KAMI KAMI SIAP MELAYANI ANDA " SEMOGA BERMANFAAT "
 

mol

Ekonomi

Serba-serbi

INTERNATIONAL

Politik

Berita Budaya

Hukum

METROPOLITAN

kosong

...

Budaya

HAM

hukum 2

PENDIDIKAN

kosong

.

Musik dan Olahraga

Sosial

POTO/VIDEO

SPORT

.

POLITIK

kosong

.

Serba-Serbi

Arus Bawah Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template Modifikasi: tatang sofyan iskandar: cfdarusbawah