. Arus Bawah: BOM CIREBON

Jumat, 15 April 2011

BOM CIREBON

Bomkembali meledak.Masjid di Markas Polresta (Mapolresta) Cirebon, Jawa Barat kali ini menjadi sasarannya. Karena meledak di dua tempat tersebut,masjid dan markas polisi, peristiwa tersebut mempunyai daya tarik yang tinggi.Bertambah tinggi karena waktu kejadian itu saat salat Jumat berlangsung.


Tiga hal tersebut––yaitu masjid, markas polisi, dan salat Jumat––membuat bom meski berdaya ledak rendah menjadi perhatian banyak pihak. Beberapa unsur bom yang digunakan sama dengan bom-bom yang pernah terjadi di Tanah Air yaitu paku dan sekrup yang bisa melukai orang di sekitar. Dari unsur bom tersebut, dugaan pun melayang ke kelompok-kelompok lama seperti Dr Azahari, Noordin M Top,ataupun Dul Matin.

Artinya,pelaku kemungkinan adalah orang yang pernah belajar kepada tiga tokoh aksi teror yang sudah dilumpuhkan oleh aparat. Tentu banyak yang mengutuk bom bunuh diri tersebut karena dilakukan di masjid yang merupakan tempat ibadah dan terjadi saat proses salat Jumat berlangsung. Cara ini berbeda dengan cara-cara kelompok terdahulu yang lebih memilih simbol-simbol negara Barat atau Amerika Serikat (AS) dalam melakukan aksinya.

Pertanyaan pun muncul apakah orientasi dari para pelaku teror telah berubah? Apakah sekarang “musuh” mereka bukanlah hanya negara-negara Barat dan AS, tapi siapa saja yang menghalangi aksi mereka? Hal tersebut membutuhkan kajian yang mendalam sebelum menyimpulkannya. Jika melihat aksinya, aksi bom bunuh diri di Mapolresta Cirebon bukan aksi yang direncanakan sebuah kelompok, tapi lebih ke individual.Ada orang-orang yang bersimpati dengan aksiaksi kelompok sebelumnya, namun tidak mempunyai akses ke kelompok tersebut.

Atau juga karena kelompok-kelompok teroris tersebut sudah tercerai berai atau bahkan bubar, sehingga aksi individual dianggap lebih efektif. Pesan yang ingin disampaikan hanyalah bahwa orang-orang yang mempunyai pemahaman suatu aliran tertentu masih ada. Tentang kenapa masjid yang menjadi sasaran aksi bukan untuk menyerang atau menyinggung umat Islam, meski pada akhirnya tetap menyinggung umat Islam.

Aksi tersebut lebih ditujukan kepada markas polisi yang dianggap sebagai simbol dari musuh kelompok-kelompok radikal. Polisilah yang menceraiberaikan bahkan berhasil membubarkan kelompok tersebut sehingga dianggap sebagai musuh yang dianggap pantas diserang. Dan masjid di kantor polisi adalah tempat yang paling mudah untuk diakses masyarakat umum.Apalagi,harus diakui,penjagaan di hampir semua mapolres tidaklah seketat penjagaan di mapolda atau bahkan Mabes Polri.

Ini warning buat kepolisian untuk meningkatkan pengamanan di semua markasnya karena sebelumnya aksi penyerangan terhadap mapolres pernah terjadi. Mapolres Hamparan Perak di Sumatera Utara menjadi sasaran aksi teroris yang ingin balas dendam.Ini menunjukkan pengamanan di markas polisi di tingkat mapolres masih lemah. Sekali lagi, pesan utama yang ingin dilontarkan adalah orangorang aliran radikal masih eksis di Indonesia.

Menggunakan mapolres sebagai sasaran karena tempat tersebut sebagai representasi polisi yang dianggap musuh mereka.Sedangkan masjid hanya karena tempat itu paling mudah diakses karena bersifat lebih umum. Dilakukan pada saat salat Jumat karena di saat itulah sebuah mapolres lebih ramai dari waktu lainnya.

Jadi,aksi bom bunuh diri tersebut bukan ditujukan untuk umat Islam, melainkan hanya ingin menunjukkan bahwa orang-orang yang berpikir radikal masih ada.Tugas semua pihak, baik aparat polisi,tokoh agama,maupun tokoh masyarakat,untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap ancaman-ancaman yang membuat negeri ini tidak aman.●

arusbawah.com adalah sarana komunikasi Rakyat untuk menyampaikan gagasan, fikiran, kritik, saran dan usul yang disampaikan secara terbuka sehingga langsung dapat mempengaruhi opini publik sekaligus dapat mempengaruhi para pengambil kebijakan. Kedaulatan ekonomi, politik dan kebudayaan adalah pilar yg utama guna membangun kemandirian bangsa Perubahan yang diharapkan adalah perubahan kearah yang lebih baik dan suatu perubahan bukan kita tunggu jatuh dari langit...Tapi harus digerakkan oleh tangan kita semua, karena nasib satu bangsa tidak akan pernah berobah, sebelum bangsa itu sendiri yg merobahnya...!!...Amin.. ARUS BAWAH.COM *LIHAT FAKTA BUKA WACANA*. DITERBITKAN OLEH :YAYASAN BAITUL MUAMALAH INDONESIA YBMI- Notaris H.SOEKRAWINATA.SH no 01 Tgl 03-02-1999 STTO SOSPOL. No 220/-16/BINUM/IV/1999 SKD-No 503/32-KEC/IV/1999-13 April 1999 STPS No 467/922/SPM-MJL SK PROP JABAR No.062/800/PRKS/2004 Anggota BKSLP5K No.087-11 Desmber 1999 TDP No. 10235606511 TDUP No. 00122/10-24/TDUP/V/1999 NPWP No. 1. 798. 717. 3. 426 BANK. BRI Abdul Patah Cikijing No.Rekening :1108-01-001830-50-8 a/n Tatang Sofyan Iskandar BANK BNI Cabang Pembantu Cikijing No.Rekening : 0201108064 a/n Tatang Sofyan Iskandar PENDIRI : TATANG SOFYAN ISKANDAR. PEMIMPIN PERUSAHAAN : AHMAD MUKHLIS. WAKIL PEMIMPIN PERUSAHAAN : ADITYA WARDHANI SOFIE PEMIMPIN UMUM/REDAKSI/PENJAB ; TATANG SOFYAN ISKANDAR WAKIL PEMIMPIN REDAKSI : TOTONG SUGIHARTO DEWAN REDAKSI : ANDRIE M AMk. DADAN. T. SUGIHARTO, A. BAHTIAR ADIWIJAYA TUBAGUS RIYADI HARYONO. KUSMAYADI BURHANUDIN.SH.KORDINATOR LIPUTAN NASIONAL : NANA HELIANA.TASIMPERMANA.YUDI NURYAMAN,ABDUL ROHMAN,SAFRUDIN, ERNA RATNA NINGSIH, EDI SUPRIYADI, IDUN HAMID,DANI HERMAWAN. KORDINATOR WILAYAH JAWA BARAT : DADAN,KORDINATOR LIPUTAN JAWA BARAT :WAWAN ASSESOSIAWAN ,KORDINATOR WILAYAH PRIANGAN TIMUR; AGUS HERMAWAN PUTRA BIRO CIREBON INDRAMAYU:NANASURYANA.BIROKUNINGAN :WAWAN GUNAWAN BIRO MAJALENGKA : DEDY HERNAWAN, ATOY , YAYAN MULYANA, KUSTOLANI BIRO CIAMIS:DEDI RUKHMAYADI ,HERYANTO, LEPI RAHMAT FAUZI, M.HASIM BIRO : TASIK,GARUT, SUMEDANG : TOTONG KORDINATOR WILAYAH JAWA TENGAH : NUR ASRIPUDIN KORDINATOR WILAYAH JAWA TIMUR : TUBAGUS RIYADI HARYONO. KORDINATOR WILAYAH BALI, NTB,NTT : I GUSTI PANJI MALELA KORDINATOR WILAYAH KALIMANTAN : NUR ISMAIL KORDINATOR WILAYAH SUMATERA : UJANG, KORNEL SIJABAT,JASPIS PANJAITAN. Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.untuk Reporter /wartawan media on line arusbawah.com dibekali dengan Tanda Pengenal dan surat tugas.
Bookmark and Share
SELAMAT DATANG DI MEDIA ONLINE ARUSBAWAH " LIHAT PAKTA BUKA WACANA TERIMA KASIH ANDA TELAH KUNJUNGI " KAMI KAMI SIAP MELAYANI ANDA " SEMOGA BERMANFAAT "
 

mol

Ekonomi

Serba-serbi

INTERNATIONAL

Politik

Berita Budaya

Hukum

METROPOLITAN

kosong

...

Budaya

HAM

hukum 2

PENDIDIKAN

kosong

.

Musik dan Olahraga

Sosial

POTO/VIDEO

SPORT

.

POLITIK

kosong

.

Serba-Serbi

Arus Bawah Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template Modifikasi: tatang sofyan iskandar: cfdarusbawah