. Arus Bawah: Kasus Penculikan Anggota DPRD Majalengka belum Terkuak

Sabtu, 19 Maret 2011

Kasus Penculikan Anggota DPRD Majalengka belum Terkuak


Oleh :Dede Sunarya.
Majalengka---Kasus penculikan dan penganiayan yang menimpa anggota DPRD Saleh Al Idrus yang terjadi tahun 2003 sampai sekarang tidak jelas penyelesaiannya. Padahal kasus ini telah terjadi beberapa tahun silam berdasarkan Laporan Polisi No.Pol:LP/37/XI/2003 tanggal 9 Nopember 2003, Visum Et Repertum No:353/1290/RSU/VI/2004 tanggal 23 Juni 2004, BAP Ny. Yeti Suharti 9 Nopember 2003, Saleh Al Idrus 10 Nopember 2003, Agus Suhendar 17 Juni 2004, Totong dan Yoyon 24 Juni 2004, Robi 21 Juni, H Sutrisno dan Ano Sukarno 22 Juni 2004 serta Junaedi 17 Juli 2004.

Menurut Saleh Al Idrus, penculik dan penganiaya adalah 7 orang yang berpakaian Satgas PDI-P dan 1 orang diantaranya dikenal bernama Karjo alias Joker. Dokter Umum RSUD Majalengka dr Mike Rezeki Sugiarti dalam Visum Et Revertum menerangkan, pasien bernama Saleh Al Idrus pada Mingu 9 Nopember 2003 sekitar jam 20.00 WIB diduga dianiaya, dan jam 23.10 WIB dilakukan pemeriksan luar karena mengalami luka memar dibagian muka, kepala dan di paha kanan terdapat luka bakar bekas sundutan rokok.

Pemeriksaan Fisik berupa tanda vital; tekanan darah 160/110 mm Hg, suhu 36 derajat celcius dan nadi 84 kali/menit. Bagian anggota gerak bawah ada luka pada paha kanan sebanyak 3 buah dengan ukuran diameter 1/2 cm serta bagian muka terdapat haematom di mata kanan ukuran diameter 3 cm. Kesimpulan, luka-luka tersebut disebabkan benturan benda padat dan tumpul.

Saleh Al Idrus kepada penulis menjelaskan, bahwa sebenarnya pihak kepolisian sudah memiliki alat bukti lain yakni berupa rekaman VCD Agus Suhendar yang menerangkan siapa sebenarnya otak/dalang dari peristiwa penculikan dan penganiayaan yang menimpa dirinya. Dia yakin, meski tidak memiliki Surat/Tanda Penerimaan Barang Bukti, namun rekaman VCD Agus Suhendar tertanda 04-06-2004 sudah pernah di berikan ke Polres, DPRD dan sejumlah SKPD Majalengka.

Saleh Al Idrus bertekad akan terus memperjuangkan keadilan hukum sampai kapanpun bahkan beberapa hari kedepan ia akan mendatangi salah satu statsiun televisi nasional agar publik mengetahui peristiwa yang pernah dialaminya. "Setelah perkara ini tidak ada penyelesaian saya melapor lagi tahun 2008 kemarin ke Polwil Cirebon, tapi ternyata pengusutannya jalan ditempat," keluh Saleh. 

Data terangkum tercatat, Polwil Cirebon menerima berkas pelimpahan perkara penculikan dan penganiayaan terhadap Saleh Al Idrus dari Polres Majalengka, berupa Laporan Polisi No.Pol:LP/37/XI/2003/Polsek tanggal 9 Nopember 2003, Visum Et Repertum No:353/1290/RSU/VI/2003 tanggal 23 Juni 2003, BAP Ny Yeti Suharti dan saksi-saksidi TKP masing-masing Otong Wartawa juga Yoyon Maryono. Sedangkan rekaman VCD Agus Suhendar baru di terima tanggal 7 Nopember 2007 berikut BAP-nya.

Polwil Cirebon sebenarnya sudah pernah memanggil 5 angota DPRD Majalengka untuk diminta keteranganya sebagi saksi dalam kasus ini, kelima orang tersebut masing-masing Ano Sukarno, Sudirman, Junaedi, Subur Sumarjono dan H Sutrisno (kini Bupati Majalengka). Sebanyak 4 orang datang memenuhi panggilan Polwil dan memberikan kesaksiannya, sedangkan H Sutrisno tidak datang alias mangkir tanpa keterangan apapun.

Sumber di Polwil Cirebon membeberkan, "Saleh Al Idrus bilang Ano Sukarno tau semua permasalahan ini, namun setelah beberapa anggota dewan dari orang-orang PDI-P diperiksa ternyata ada perbedaan keterangan antara Ano Sukarno dan Almarhum Subur Sumarjono. Tujuan kita kan, mengejar siapa yang nyuruh atau orang yang dicurigai sebagi dalang/otak kejahatan terhadap Saleh Al Idrus sesuai Pasal 55 juncto 56 KUHP, tapi terperiksa pada budeg hingga perlu dikonfrontir terutama keterangan Ano Sukarno dan saksi-saksi lain yang saling lempar," lanjut sumber tersebut kepada penulis. " Saya siap dikonfrontir dengan siapapun," timpal Ano Sukarno saat penulis mewawancarai dirumahnya.

Seorang anggota Polwil Cirebon yang enggan namanya dipublikasikan menerangkan, "Jika barang bukti, keterangan ahli/saksi ahli dan saksi-saksi saling mendukung atau memperkuat, maka saya yakin Bupati Majalengka H Sutrisno SE MSi patut diperiksa oleh penyidik setelah mendapat izin dari Presiden. Kendati izin Presiden belum diberikan (saat itu) tapi Surat Permohonan Izin dari Mabes Polri sudah dikirim dan diterima Sekretariat Negara (Setneg), maka andai lebih dari 2 bulan Bupati H Sutrisno bisa dijemput penyidik untuk diperiksa".Demikian gamblang menurut  sumber  tersebut ke penulis.

Bila hal itu terjadi maka penanganan perkara penculikan dan penganiayaan sebagimana termaktub dalam Pasal 328 dan 351 KUHP terhadap Saleh Al Idrus, dipastikan akan terus berlanjut. Bahkan tidak menutup kemungkinan bakal menjerat orang yang diduga turut serta atau menyuruh melakukan kejahatan tersebut sesuai ketentuan Pasal 55 juncto 56 KUHP. Semoga keadilan bisa ditegakkan tanpa pandang bulu.Amin.

Dari berbagai sumber./DS.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

arusbawah.com adalah sarana komunikasi Rakyat untuk menyampaikan gagasan, fikiran, kritik, saran dan usul yang disampaikan secara terbuka sehingga langsung dapat mempengaruhi opini publik sekaligus dapat mempengaruhi para pengambil kebijakan. Kedaulatan ekonomi, politik dan kebudayaan adalah pilar yg utama guna membangun kemandirian bangsa Perubahan yang diharapkan adalah perubahan kearah yang lebih baik dan suatu perubahan bukan kita tunggu jatuh dari langit...Tapi harus digerakkan oleh tangan kita semua, karena nasib satu bangsa tidak akan pernah berobah, sebelum bangsa itu sendiri yg merobahnya...!!...Amin.. ARUS BAWAH.COM *LIHAT FAKTA BUKA WACANA*. DITERBITKAN OLEH :YAYASAN BAITUL MUAMALAH INDONESIA YBMI- Notaris H.SOEKRAWINATA.SH no 01 Tgl 03-02-1999 STTO SOSPOL. No 220/-16/BINUM/IV/1999 SKD-No 503/32-KEC/IV/1999-13 April 1999 STPS No 467/922/SPM-MJL SK PROP JABAR No.062/800/PRKS/2004 Anggota BKSLP5K No.087-11 Desmber 1999 TDP No. 10235606511 TDUP No. 00122/10-24/TDUP/V/1999 NPWP No. 1. 798. 717. 3. 426 BANK. BRI Abdul Patah Cikijing No.Rekening :1108-01-001830-50-8 a/n Tatang Sofyan Iskandar BANK BNI Cabang Pembantu Cikijing No.Rekening : 0201108064 a/n Tatang Sofyan Iskandar PENDIRI : TATANG SOFYAN ISKANDAR. PEMIMPIN PERUSAHAAN : AHMAD MUKHLIS. WAKIL PEMIMPIN PERUSAHAAN : ADITYA WARDHANI SOFIE PEMIMPIN UMUM/REDAKSI/PENJAB ; TATANG SOFYAN ISKANDAR WAKIL PEMIMPIN REDAKSI : TOTONG SUGIHARTO DEWAN REDAKSI : ANDRIE M AMk. DADAN. T. SUGIHARTO, A. BAHTIAR ADIWIJAYA TUBAGUS RIYADI HARYONO. KUSMAYADI BURHANUDIN.SH.KORDINATOR LIPUTAN NASIONAL : NANA HELIANA.TASIMPERMANA.YUDI NURYAMAN,ABDUL ROHMAN,SAFRUDIN, ERNA RATNA NINGSIH, EDI SUPRIYADI, IDUN HAMID,DANI HERMAWAN. KORDINATOR WILAYAH JAWA BARAT : DADAN,KORDINATOR LIPUTAN JAWA BARAT :WAWAN ASSESOSIAWAN ,KORDINATOR WILAYAH PRIANGAN TIMUR; AGUS HERMAWAN PUTRA BIRO CIREBON INDRAMAYU:NANASURYANA.BIROKUNINGAN :WAWAN GUNAWAN BIRO MAJALENGKA : DEDY HERNAWAN, ATOY , YAYAN MULYANA, KUSTOLANI BIRO CIAMIS:DEDI RUKHMAYADI ,HERYANTO, LEPI RAHMAT FAUZI, M.HASIM BIRO : TASIK,GARUT, SUMEDANG : TOTONG KORDINATOR WILAYAH JAWA TENGAH : NUR ASRIPUDIN KORDINATOR WILAYAH JAWA TIMUR : TUBAGUS RIYADI HARYONO. KORDINATOR WILAYAH BALI, NTB,NTT : I GUSTI PANJI MALELA KORDINATOR WILAYAH KALIMANTAN : NUR ISMAIL KORDINATOR WILAYAH SUMATERA : UJANG, KORNEL SIJABAT,JASPIS PANJAITAN. Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.untuk Reporter /wartawan media on line arusbawah.com dibekali dengan Tanda Pengenal dan surat tugas.
Bookmark and Share
SELAMAT DATANG DI MEDIA ONLINE ARUSBAWAH " LIHAT PAKTA BUKA WACANA TERIMA KASIH ANDA TELAH KUNJUNGI " KAMI KAMI SIAP MELAYANI ANDA " SEMOGA BERMANFAAT "
 

mol

Ekonomi

Serba-serbi

INTERNATIONAL

Politik

Berita Budaya

Hukum

METROPOLITAN

kosong

...

Budaya

HAM

hukum 2

PENDIDIKAN

kosong

.

Musik dan Olahraga

Sosial

POTO/VIDEO

SPORT

.

POLITIK

kosong

.

Serba-Serbi

Arus Bawah Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template Modifikasi: tatang sofyan iskandar: cfdarusbawah