. Arus Bawah: Fasilitas Bandara Supadio Tertinggal Jauh

Kamis, 11 November 2010

Fasilitas Bandara Supadio Tertinggal Jauh


Bandara Internasional Supadio, Pontianak, Kalimantan Barat
Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Kalimantan Barat menilai fasilitas bandar udara internasional Supadio Pontianak masih tertinggal dibanding bandara internasional lainnya di Indonesia yang ditunjukkan dengan fasilitas ruang tunggu dan kedatangan yang kecil.
Predikat bandara internasional yang disandang oBandara Supadio mesti dibarengi dengan peningkatan kualitas pelayanan dan fasilitas bandara. Apalagi Bandara Supadio menjadi atau tempat persinggahan pesawat dengan skala internasional.
-- Andi Aswad
"Melihat kondisi bandara Supadio yang sangat memprihatinkan itu, jelas membuat kita sangat miris. Dalam hal ini, kita menuntut keadilan dari pemerintah pusat, agar lebih memperhatikan bandara kebanggaan masyarakat Kalbar itu," kata Ketua Komisi C DPRD Kalbar, Andi Aswad di Pontianak, Kamis.
Menurutnya, predikat bandara internasional yang disandang oleh Bandara Supadio mesti dibarengi dengan peningkatan kualitas pelayanan dan fasilitas bandara. Terlebih lagi bandara Supadio menjadi atau tempat persinggahan pesawat dengan skala internasional.
Bandara Supadio Pontianak yang berada di Kubu Raya merupakan bandara terbesar di Kalbar yang melayani sekitar 1.200 hingga 1.700 penumpang setiap hari ke dan dari berbagai rute.
"Bandara itu memberikan peran besar bagi masyarakat Kalbar, untuk itu sudah seharusnya jika ada kekurangan, diharapkan dapat ditingkatkan demi kenyamanan para pengguna jasa bandara tersebut," tambah Andi.
Menanggapi hal tersebut, Pelaksana Harian General Manager PT Angkasa Pura II Cabang Pontianak, Heri Suherman mengatakan saat ini sebagai bandara internasional, Supadio memang telah memiliki fasilitas pendukung sesuai dengan besarnya.
Namun diakuinya kelasnya masih tertinggal dibanding bandara internasional lainnya.
"Saat ini kita memiliki dua rute penerbangan internasional milik Batavia ke Kuching dan Singapura. Dengan adanya rencana pengembangan terminal bandara Supadio ini, jelas akan mengubah wajah bandara ini. Mudah-mudahan semuanya berjalan lancar, sehingga kesan bandara internasional yang sudah terbangun di Supadio bisa lebih baik," kata Heri.
Sejauh ini, PT Angkasa Pura II cabang Pontianak sudah berupaya untuk terus memperbaiki layanan terhadap pengguna jasa Bandara Supadio. Tidak hanya melakukan evaluasi bersama pihak terkait lainnya, tetapi juga melakukan beberapa terobosan baru untuk meningkatkan kualitas bandara.
Pembangunan "runway" atau landasan terbang baru juga sudah berjalan. Dengan adanya perluasan ini tentu setelah selesai, pesawat berbadan lebar bisa mendarat di Supadio.
"Ini tentunya juga akan sangat berpengaruh terhadap percepatan pembangunan di Kalbar, mengingat prospek ekonomi akan meningkat dengan drastis dengan semakin banyaknya perputaran ekonomi masyarakat dan masuknya investor di bandara Supadio," kata Heri lagi.
Kepala Dinas Pelayanan Lalu Lintas PT Angkasa Pura (AP) II Cabang Bandara Supadio Pontianak, Syarif Usmulyani Alkadrie mengatakan sebagai bandara internasional ada beberapa ketentuan yang harus dipenuhi oleh bandara tersebut. Di antaranya, dari risi udara (Air Side). Untuk bandara kelas internasional, umumnya landasan pacu dibuat dengan konstruksi beton dengan panjang 3.600 meter dan lebar 30 meter.
"Pesawat yang dilayani adalah jet sedang seperti Fokker-100, DC-10, B-747, Hercules, dan pesawat berbadan besar lainnya. Pada bandara international terdapat lebih dari satu landasan untuk antisipasi ramainya lalu lintas. Pada fasilitas Apron harus dekat dengan bangunan terminal, sedangkan taxiway menghubungkan apron dan landasan pendaratan. Konstruksi apron umumnya beton bertulang, karena memikul beban besar yang statis dari pesawat," jelasnya.
Untuk keamanan dan pengaturan, terdapat Air Traffic Controller, berupa menara khusus pemantau yang dilengkapi radio control dan radar. Karena dalam bandara sering terjadi kecelakaan, maka disediakan unit penanggulangan kecelakaan (air rescue service) berupa peleton penolong dan pemadan kebakaran, mobil pemadam kebakaran, tabung pemadam kebakaran, dan ambulans. Juga ada fuel service untuk mengisi bahan bakar avtur.
Pada sisi darat (Land Side), perminal bandara atau concourse adalah pusat urusan penumpang yang datang atau pergi. Di dalamnya terdapat counter check-in, (Custom - Immigration - Quarantine atau Bea Cukai - Imigrasi - Karantina).
"Untuk bandara internasional, dan ruang tunggu serta berbagai fasilitas untuk kenyamanan penumpang. Di bandara besar, penumpang masuk ke pesawat melalui belalai. Di bandara kecil, penumpang naik ke pesawat melalui tangga yang bisa dipindah-pindah. Dan jika kita melihat fasilitas yang ada di Bandara Supadio jelas masih belum memadai," katanya.

Sumber : ANT
arusbawah.com adalah sarana komunikasi Rakyat untuk menyampaikan gagasan, fikiran, kritik, saran dan usul yang disampaikan secara terbuka sehingga langsung dapat mempengaruhi opini publik sekaligus dapat mempengaruhi para pengambil kebijakan. Kedaulatan ekonomi, politik dan kebudayaan adalah pilar yg utama guna membangun kemandirian bangsa Perubahan yang diharapkan adalah perubahan kearah yang lebih baik dan suatu perubahan bukan kita tunggu jatuh dari langit...Tapi harus digerakkan oleh tangan kita semua, karena nasib satu bangsa tidak akan pernah berobah, sebelum bangsa itu sendiri yg merobahnya...!!...Amin.. ARUS BAWAH.COM *LIHAT FAKTA BUKA WACANA*. DITERBITKAN OLEH :YAYASAN BAITUL MUAMALAH INDONESIA YBMI- Notaris H.SOEKRAWINATA.SH no 01 Tgl 03-02-1999 STTO SOSPOL. No 220/-16/BINUM/IV/1999 SKD-No 503/32-KEC/IV/1999-13 April 1999 STPS No 467/922/SPM-MJL SK PROP JABAR No.062/800/PRKS/2004 Anggota BKSLP5K No.087-11 Desmber 1999 TDP No. 10235606511 TDUP No. 00122/10-24/TDUP/V/1999 NPWP No. 1. 798. 717. 3. 426 BANK. BRI Abdul Patah Cikijing No.Rekening :1108-01-001830-50-8 a/n Tatang Sofyan Iskandar BANK BNI Cabang Pembantu Cikijing No.Rekening : 0201108064 a/n Tatang Sofyan Iskandar PENDIRI : TATANG SOFYAN ISKANDAR. PEMIMPIN PERUSAHAAN : AHMAD MUKHLIS. WAKIL PEMIMPIN PERUSAHAAN : ADITYA WARDHANI SOFIE PEMIMPIN UMUM/REDAKSI/PENJAB ; TATANG SOFYAN ISKANDAR WAKIL PEMIMPIN REDAKSI : TOTONG SUGIHARTO DEWAN REDAKSI : ANDRIE M AMk. DADAN. T. SUGIHARTO, A. BAHTIAR ADIWIJAYA TUBAGUS RIYADI HARYONO. KUSMAYADI BURHANUDIN.SH.KORDINATOR LIPUTAN NASIONAL : NANA HELIANA.TASIMPERMANA.YUDI NURYAMAN,ABDUL ROHMAN,SAFRUDIN, ERNA RATNA NINGSIH, EDI SUPRIYADI, IDUN HAMID,DANI HERMAWAN. KORDINATOR WILAYAH JAWA BARAT : DADAN,KORDINATOR LIPUTAN JAWA BARAT :WAWAN ASSESOSIAWAN ,KORDINATOR WILAYAH PRIANGAN TIMUR; AGUS HERMAWAN PUTRA BIRO CIREBON INDRAMAYU:NANASURYANA.BIROKUNINGAN :WAWAN GUNAWAN BIRO MAJALENGKA : DEDY HERNAWAN, ATOY , YAYAN MULYANA, KUSTOLANI BIRO CIAMIS:DEDI RUKHMAYADI ,HERYANTO, LEPI RAHMAT FAUZI, M.HASIM BIRO : TASIK,GARUT, SUMEDANG : TOTONG KORDINATOR WILAYAH JAWA TENGAH : NUR ASRIPUDIN KORDINATOR WILAYAH JAWA TIMUR : TUBAGUS RIYADI HARYONO. KORDINATOR WILAYAH BALI, NTB,NTT : I GUSTI PANJI MALELA KORDINATOR WILAYAH KALIMANTAN : NUR ISMAIL KORDINATOR WILAYAH SUMATERA : UJANG, KORNEL SIJABAT,JASPIS PANJAITAN. Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.untuk Reporter /wartawan media on line arusbawah.com dibekali dengan Tanda Pengenal dan surat tugas.
Bookmark and Share
SELAMAT DATANG DI MEDIA ONLINE ARUSBAWAH " LIHAT PAKTA BUKA WACANA TERIMA KASIH ANDA TELAH KUNJUNGI " KAMI KAMI SIAP MELAYANI ANDA " SEMOGA BERMANFAAT "
 

mol

Ekonomi

Serba-serbi

INTERNATIONAL

Politik

Berita Budaya

Hukum

METROPOLITAN

kosong

...

Budaya

HAM

hukum 2

PENDIDIKAN

kosong

.

Musik dan Olahraga

Sosial

POTO/VIDEO

SPORT

.

POLITIK

kosong

.

Serba-Serbi

Arus Bawah Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template Modifikasi: tatang sofyan iskandar: cfdarusbawah