. Arus Bawah: Tiga Trafo Listrik Terbakar

Minggu, 29 Agustus 2010

Tiga Trafo Listrik Terbakar







KUNINGAN - Sebuah ledakan keras terjadi pada Gardu Induk (GI) utama Listrik Inter Koneksi Jawa-Bali di Desa/Kecamatan Pancalang, Kabupaten Kuningan, Jum’at (27/8), pukul 11.00 WIB. Bersamaan dengan itu, api menggulung membakar tiga buah Inter Bass Travo (IBT) dalam komplek gardu listrik tersebut.

Akibat kebakaran itu seluruh aliran listrik di Kabupaten Kuningan dimatikan total. Tapi satu jam kemudian, di beberapa wilayah kembali menyala. Terkecuali di wilayah Kecamatan Pancalang dan sekitarnya tetap masih dalam kondisi padam.

Terbakarnya tiga trafo besar dalam posisi berdampingan itu terbilang hebat. Kobaran api semakin membesar. Asap tebal membumbung tinggi ke angkasa. Beruntung angin bertiup ke arah barat sehingga api tidak menjilat ke perangkat listrik lainnya.

Saking hebatnya, beberapa mobil pemadam kebakaran yang datang bergantian untuk pemadaman terlihat kesulitan. Semprotan air bukan malah membuat si jago merah menjinak, melainkan sebaliknya. Api semakin membesar, apalagi ketika minyak trafo juga ikut terbakar.

Beruntung juga, pada gardu utama tersebut terdapat sistem double sirkuit. Dimana ketika terjadi kebakaran, tegangan listrik bisa dengan mudah dialihkan pada gardu lain.

Saat terjadi kebakaran, aliran listrik untuk sementara dimatikan guna menjaga hal-hal buruk.

Kebakaran tiga trafo membuat seluruh petugas PLN di GI Pancalang panik. Satpam GI Pancalang bahkan membatasi pers masuk ke komplek gardu. Tapi dengan siasat tertentu, wartawan lolos lewat jalan tikus.

Dalam komplek, tidak satupun petugas GI Pancalang bisa diajak bicara. Hampir semua membisu. Beberapa anggota polisi tampak emosi karena tidak seorang petugas di gardu itu bisa dimintai keterangan sementara mengenai insiden tersebut.

Di luar komplek, insiden kebakaran hebat itu menjadi tontonan ribuan masyarakat. Karena tidak seorangpun warga, selain petugas pemadam kebakaran memasuki komplek tersebut. Di depan komplek gardu, polisi sibuk melakukan pengamanan jalan raya. Bahkan, jalan menuju komplek GI Pancalang terpaksa diblokir.

Belum diketahui pasti penyebab kebakaran hebat tiga trafo listrik tersebut. Api juga masih mengamuk. ”Tidak tahu, karena masih terbakar. Kalau api reda mungkin baru bisa diteliti penyebabnya,” ujar petugas pengawas saluran udara tegangan ekstra tinggi GI Pancalang, Nana Supriatna, kepada Radar, di lokasi.

Ditanya angka kerugian, Nana belum bisa memastikan. Ia hanya menyebut harga setiap trafo berkisar Rp3 miliar sampai Rp4 miliar. Jadi jika ada tiga trafo kerugian bisa mencapai Rp11 miliar.

Diungkapkan Nana, kebakaran trafo ini untuk yang kedua kali setelah pertama terjadi tahun 2006. Anehnya pada saat itu, tanggal kejadiannya sama dengan kebakaran GI Tasikmalaya. Di GI Pancalang terjadi tanggal 28 Desember 2006. Selang setahun kembali terjadi kebakaran di GI Tasikmalaya tepat tanggal 28 Desember 2007. ”Tapi untuk tahun 2006 saja secara teknis tidak bisa diketahui penyebabnya, meskipun waktu itu ada penelitian dari Polri,” pungkas dia.(tat)
arusbawah.com adalah sarana komunikasi Rakyat untuk menyampaikan gagasan, fikiran, kritik, saran dan usul yang disampaikan secara terbuka sehingga langsung dapat mempengaruhi opini publik sekaligus dapat mempengaruhi para pengambil kebijakan. Kedaulatan ekonomi, politik dan kebudayaan adalah pilar yg utama guna membangun kemandirian bangsa Perubahan yang diharapkan adalah perubahan kearah yang lebih baik dan suatu perubahan bukan kita tunggu jatuh dari langit...Tapi harus digerakkan oleh tangan kita semua, karena nasib satu bangsa tidak akan pernah berobah, sebelum bangsa itu sendiri yg merobahnya...!!...Amin.. ARUS BAWAH.COM *LIHAT FAKTA BUKA WACANA*. DITERBITKAN OLEH :YAYASAN BAITUL MUAMALAH INDONESIA YBMI- Notaris H.SOEKRAWINATA.SH no 01 Tgl 03-02-1999 STTO SOSPOL. No 220/-16/BINUM/IV/1999 SKD-No 503/32-KEC/IV/1999-13 April 1999 STPS No 467/922/SPM-MJL SK PROP JABAR No.062/800/PRKS/2004 Anggota BKSLP5K No.087-11 Desmber 1999 TDP No. 10235606511 TDUP No. 00122/10-24/TDUP/V/1999 NPWP No. 1. 798. 717. 3. 426 BANK. BRI Abdul Patah Cikijing No.Rekening :1108-01-001830-50-8 a/n Tatang Sofyan Iskandar BANK BNI Cabang Pembantu Cikijing No.Rekening : 0201108064 a/n Tatang Sofyan Iskandar PENDIRI : TATANG SOFYAN ISKANDAR. PEMIMPIN PERUSAHAAN : AHMAD MUKHLIS. WAKIL PEMIMPIN PERUSAHAAN : ADITYA WARDHANI SOFIE PEMIMPIN UMUM/REDAKSI/PENJAB ; TATANG SOFYAN ISKANDAR WAKIL PEMIMPIN REDAKSI : TOTONG SUGIHARTO DEWAN REDAKSI : ANDRIE M AMk. DADAN. T. SUGIHARTO, A. BAHTIAR ADIWIJAYA TUBAGUS RIYADI HARYONO. KUSMAYADI BURHANUDIN.SH.KORDINATOR LIPUTAN NASIONAL : NANA HELIANA.TASIMPERMANA.YUDI NURYAMAN,ABDUL ROHMAN,SAFRUDIN, ERNA RATNA NINGSIH, EDI SUPRIYADI, IDUN HAMID,DANI HERMAWAN. KORDINATOR WILAYAH JAWA BARAT : DADAN,KORDINATOR LIPUTAN JAWA BARAT :WAWAN ASSESOSIAWAN ,KORDINATOR WILAYAH PRIANGAN TIMUR; AGUS HERMAWAN PUTRA BIRO CIREBON INDRAMAYU:NANASURYANA.BIROKUNINGAN :WAWAN GUNAWAN BIRO MAJALENGKA : DEDY HERNAWAN, ATOY , YAYAN MULYANA, KUSTOLANI BIRO CIAMIS:DEDI RUKHMAYADI ,HERYANTO, LEPI RAHMAT FAUZI, M.HASIM BIRO : TASIK,GARUT, SUMEDANG : TOTONG KORDINATOR WILAYAH JAWA TENGAH : NUR ASRIPUDIN KORDINATOR WILAYAH JAWA TIMUR : TUBAGUS RIYADI HARYONO. KORDINATOR WILAYAH BALI, NTB,NTT : I GUSTI PANJI MALELA KORDINATOR WILAYAH KALIMANTAN : NUR ISMAIL KORDINATOR WILAYAH SUMATERA : UJANG, KORNEL SIJABAT,JASPIS PANJAITAN. Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.untuk Reporter /wartawan media on line arusbawah.com dibekali dengan Tanda Pengenal dan surat tugas.
Bookmark and Share
SELAMAT DATANG DI MEDIA ONLINE ARUSBAWAH " LIHAT PAKTA BUKA WACANA TERIMA KASIH ANDA TELAH KUNJUNGI " KAMI KAMI SIAP MELAYANI ANDA " SEMOGA BERMANFAAT "
 

mol

Ekonomi

Serba-serbi

INTERNATIONAL

Politik

Berita Budaya

Hukum

METROPOLITAN

kosong

...

Budaya

HAM

hukum 2

PENDIDIKAN

kosong

.

Musik dan Olahraga

Sosial

POTO/VIDEO

SPORT

.

POLITIK

kosong

.

Serba-Serbi

Arus Bawah Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template Modifikasi: tatang sofyan iskandar: cfdarusbawah